Cek Kesiapan Venue Volly Pasir Ferdinand Waterpauw, Pj. Gubernur : Dari Sirkuit Nasional Menuju Event International

Manokwari-Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpauw M.Si, selasa ( 11/07/2023 ), memantau langsung pelaksanaan sircuit voly antar daerah se-Papua pada sircuit voly pasir Verdinand Waterpauw, di lokasi Sekitar pantai Petrus Kafiar.

Pj. Gubernur yang juga merupakan Mantan atlet tim nasional bola voly junior tahun 1980an, menyaksikan pertandingan antara kabupaten Jayapura dan tim IKALJATIM ( Ikatan Alumni Jawatimur ) yang berlangsung sore itu.

Kepada awak media, Pj. Gubernur Waterpauw mengatakan, bahwa dikarenakan kesibukan, sehingga peresmian sircuit Venue bola voly pantai Verdinand Waterpauw ini, baru akan diresmikan bersamaan dengan pembukaan pertandingan bola voly pantai nasional yang akan berlangsung dimulai pada tanggal 15 sampai dengan 16 juli 2023. Kata Pj. Gubernur, bahwa hal ini sebagai tolak ukur terhadap penggunaan sircuit Venue Ferdinand Waterpauw untuk dipakai dalam event-event nasional bahkan tingkat dunia.

“Tadinya mau adakan peresmian, tapi karena sedikit berbenturan dengan beberapa acara, jadi kita rencanakan akan diresmikan bersamaan pada sircuit voly pantai nasional yang akan kita gelar di Manokwari sini, mulai tanggal 15 sampai dengan tanggal 16. Jadi kita mau buktikan bahwa venue yang ada di stadion bola voly Verdinand Weterpauw ini layak untuk di pakai dalam event-event tidak hanya daerah tapi juga di tingkat nasional, hingga tingkat Asia Pasifik bahkan tingkat dunia,”ungkap Pj. Gubernur Waterpauw.

Tidak hanya cabang olah raga bola voly pasir, cabang olah raga lainnya, juga menjadi harapan Pj. Gubernur Papua Barat, demi membangkitkan semangat olah raga. Selain itu, kesempatan dalam mempromosikan hasil-hasil pdoruk UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah ) asli Papua Barat, yang pada prinsipnya terus didukung Pemerintah provinsi Papua Barat.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap moment ini menjadi batu lonjatan di Papua Barat, untuk membangkitkan semangat olah raga bola voly pasir, tapi juga cabang olah raga lainnya.

“Kita juga melakukan upaya-upaya memasarkan hasil UMKM-UMKM kita, karya dan porduk-produk masakan yang baik dari mama dorang, Dekranasda PKK dan lain sebagainya, kita memasarkan di sini. Sebagaimana saya sudah sampaikan bahwa pemerintah siap untuk memfasilitasi. Apa saja yang menjadi semangat kebangkitan dari anak-anak generasi muda kita,”Beber Pj. Gubernur Papua Barat.

“Kita juga terus berupaya membenahi pantai Petrus Kafiar in, daerah ini menjanjikan kita jual, yang penting saya berharap tokoh adat dan tokog masyatakat memberikan dukungan untuk kita dorong untuk membangun dan meningkatkan kemajuan olah raga, pariwisata dan penjualan produk asli Papua,”tambah Pj. Gubernur Waterpauw.

Berkaitan dengan event pegelaran pertandinagan voly pasir antar daerah se-tanah Papua yang sedang berlangsung, menurut Pj. Gubernur Waterpauw, merupakan jajakan bagi para atlet untuk menghadapi ivent voly pasir nasional nanti yang akan berlangsung di sircuit venue Verdinand Waterpauw.

“Sebenarnya event ini kan sebagai ajang untuk menjajak kemampuan tim daerah, tidak hanya Papua Barat, tapi juga Papua Selatan, dan Papua Tengah. Dalam rangka nanti sircuit nasional, yang akan dihadiri seluruh tamu tim voly pantai se tanah air, dari Aceh sampai Papua Selatan. Atlet-altet nasional voly pantai seluruh Indonesia akan hadir, tadi Maluku sudah tiba. Makanya kita siapkan fasilitas tempat tinggal yang baik,”tandas Pj. Gubernur Waterpauw.

Di akhir kunjungan kali ini, Pj. Gubernur Waterpauw bersama timnya termasuk ketua pengurus PBVSI Papua Barat, Yewen Komedian bermain melawan para kepala OPD termasuk ketua Panitia.

Penulis : Simon Patiran

Foto : Tim Media Pj. Gubernur Papua Barat.

Leave a Comment