Pemprov Papua Barat Adakan Jalan Santai Peringati Hardiknas 2024

MANOKWARI-Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ), tanggal ( 02/05/2024), Pemerintah provinsi Papua Barat menggelar jalan santai.

Dengan semangat tema sentral, yakni Serentak bergerak mewujudkan merdeka belajar, Hardiknas kali ini di pimpin Asisten II setda Papua Barat, Melkias Werinussa, SH, MH, setelah sebelumnya melepas peserta pada titik start dari jalan Percetakan Negegara Manokwari.

“Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, mewakli Pj. Gubernur Papua Barat, secara resmi peserta jalan santai dalam rangka memperingati Hardiknas 2 mei tahun 2024,”ucap Asisten II Melkias, kemudian mengangkat bendera, selasa, ( 01/05/2024 ).

Pj. Gubernur Papua, Drs. H. Ali Baham Temongmere, MTP, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II, Melkias Werinussa, memandang penting momentum peringatan Hardiknas. Sesuai tema Hardiknas tersebut, kata Pj. Gubernur ABT, mengandung makna untuk bersatu padu untuk melanjutkan transformasi pendidikan yang telah digagas melalu gerakan merdeka belajar. Dimana merdeka belajar adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memberikan kemerdekaan kepada guru dan murid dalam belajar dan mengajar.

“Gerakan ini didasari oleh filosofi Kihajar Dewantoro, yaitu kemerdekaan belajar, kemerdekaan mengajar, dan kemerdekaan mendirikan sekolah,”ucap Asisten II Melkias, yang mengutip sambutan tertulis Pj. Gubernur ABT.

Lanjut Melkias, Pj. Gubernut Ali Baham, mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk bersatu padu melanjutkan transformasi.

Meningkatkan inovasi dan kualitas pembelajaran. Memperluas akses pendidikan agar semua anak Indonesia mendapat kesempatan untuk belajar dan berkembang dan memperkuat karakter murid, menghasilkan generasi penerus bangsa yang tangguh dan berakhlak mulia.

“Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan, untuk bersatu padu melajutkan transformasi pendidikan melalui gerakan merdeka belajar,”tutup Asisten II Melkias.

Peringatan Hardiknas dipandang sebagai momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan pendidikan, seperti Kihajar Dewantoro dan para pejuang pendidikan lainnya yang telah berjasa dalam memajukan pendidikan Indonesia dan tanah Papua pada khususnya.

Turut mendampingi asisten II dalam kegiatan itu, beberapa pimpinan OPD lingkup pemrov Papua Barat, yakni kepala dinas Pendidikan provinsi Papua Barat, Abdul Fatah, pelaksana tugas ( Plt ) kepala Biro Administrasi Pimpiman setda Papua Barat, Helen Frida Dewi, Plt. Kadis Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat, Kundrat Pattipi dan Plt. Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Papua Barat, Legius Wanimbo serta para pejabat eselon III IV.

Jalan santai juga turut diikuti Kepala dinas pendidikan kabupaten, para kepala sekolah dan para pelajar tingkat, SD, SLTA, SMA sederajat se-kabupaten Manokwari, melintasi jalan Yosudarso Sanggeng hingga finis di halaman SMA Taruna Kasuari.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment