Pemprov Papua-Barat Dan Polda Teken NPHD Rekrutmen 1000 Bintara Polri

MANOKWARI-Pemerintah provinsi Papua Barat, selain melakukan penandatanganan nota kesepahaman hibah daerah ( NPHD ) anggaran pemilu kada 2024 bersama Polda Papua Barat, juga secara bersamaan melalukan penandatangan NPHD yang mendukung rekrutmen calon bintara Polri (  secaba ).

Terkait itu, Pj.Gubernur, Drs. H. Ali Baham, Temongmere, MTP, bersama Kapolda Papua Barat, Irjen. Pol. Jhonny Edison Isir, S.I.K., M.T.C.P, melakukan penandatanganan terhadap NPHD dimaksud.

Dikesempatan itu, Pj. Gubernur Ali Baham, menjelaskan, bantuan hibah yang diberikan sebagai wujud dukungan pemerintah dalam seleksi calon bintara ( Secaba ) yang tengah dilaksanakan Polda Papua Barat.

Dijelaskannya, bantuan tidak hanya diberikan oleh pemprov Papua Barat, akan tetapi sebagai bentuk gotong royong dengan pemprov Papua Barat Daya. Hal itu terjadi, sebab dalam DIPA kepolisian, kuota perekrutan yang tersedia hanya 300 orang, sementara penerimaan yang dibuka sebanyak 1.000 orang dari kedua provinsi tersebut.

“Bantuan yang diberikan merupakan gotong royong antara kedua Provinsi untuk membiayai 700 sisanya Dalam DIPA kepolisian hanya membiayai 300 orang, sementara penerimaan sebanyak 1.000 orang meliputi Papua Barat dan Papua Bara daya. Sehingga “jelas Pj Gubernur ABT.

Lanjut, disebutkan Ali Baham, Pembiayaan tersebut diberikan sebagai dukungan pemerintah untuk membuka lapangan pekerjaan di Papua Barat melalui penerimaan calon Bintara kepolisian.

Kata orang nomor satu di Papua Barat ini, sebab merupakan hal mendesak yang perlu untuk segera disikapi.

“Pembiayaan tersebut penting karena lapangan kerja menjadi hal mendesak yang harus ditangani, baik penerimaan Pegawai negeri, TNI-Polri dan sektor lain kita dorong untuk lapangan kerja bisa terbuka seluas-luasnya,” jelas Ali Baham.

Polda Papua Barat telah memberikan peluang seleksi calon bintara, dan tengah diikuti putra-putri dari dua wilayah provinsi, Papua Barat dan Papua Barat daya.

Diketahui, para pejabat yang mendampingi  Pj. Gubernur dalam proses pengesahan NPHD itu, Asisten II setda Papua Barat, Melkias Werinussa, Plt. Kepala BPKAD Agus Nurodi, Plt Karo Hukum, Dhorsinta Hutabarat, kepala Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ) Papua Barat, Asisten III Otto Parorongan dan Plt. Kepada Biro Administrasi Pimpinan ( Adpim ) Papua Barat, Helen Frida Dewi.

Sementara Kapolda Papua Barat, didampingi para pejabat utama lingkup Polda.

Penulis : Simon Patiran.

Leave a Comment