Pemprov Papua Barat Hibahkan 75 Miliar Anggaran Pengamanan Pilkada 2024 Bagi Polda Papua Barat

MANOKWARI-Berlangsung di ruang Kerjannya, pada lantai lima kantor gubernur di Arfai, Penjabat Gubernur, Drs. H. Ali Baham, Temongmere, MTP, bersama Kapolda Papua Barat, Irjen. Pol. Jhonny Edison Isir, S.I.K., M.T.C.P, melakukan Penandatanganan nota kesepahaman hibah daerah ( NPHD ).

Dimana hibah tersebut diketahui diperuntukan mendukung pengamanan pemilu kada tahun 2024 november mendatang.

Pj Gubernur Ali Baham, usai penandatanganan itu, kepada awak media menjelaskan, bahwa Pemprov dan Polda telah menghitung jumlah besaran anggaran dan menyepakati hibah yang akan diberikan sebesar Rp75 miliar yang bersumber dari APBD Pemprov Papua Barat Tahun 2024. Yang mana anggaran akan disaluarkan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pada APBD induk dan tahap ke dua pada APBD Perubahan.

“Penyaluran dalam dua tahap, diman tahap pertama Rp25 miliar dan tahap kedua Rp50 miliar, dengan dukungan ini kami berharap ada dukungan pengamanan penuh dalam rangka kelancaran pemilukada di provinsi Papua Barat,” sebut Pj.Gubernur ABT.

Ali baham juga menyebut, Hibah yang diberikan juga terintegrasi dalam pengamanan proses seleksi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi jalur pengangkatan Otonomi Khusus yang tahapannya tengah dilaksanakan.

“Hibah ini terintegrasi juga dengan pengamanan proses seleksi DPR Provinsi jalur pengangkatan sesuai PP 106 dan 107 undang-undang 21 tahun 2021 tentang Otsus ),”sambungnya.

lanjut, orang nomor satu di provinsi Papua Barat ini berharap, Sukses Pemilu kada tahun 2024 dapat terwujud atas bantuan kepolisian dan masyarakat di Provinsi Papua Barat.

“Kami yakin dan percaya dukungan dari pemerintah daerah bisa memberikan dukungan penuh kepada pihak Kepolisian bersama-sama dengan jajaran TNI mendukung keamanan, kelancaran dan kesuksesan pemilu kada tahun 2024,”tandas Pj. Gubernur ABT.

Penandatanganan itu, juga turut disaksikan asisten II setda Papua Barat, Melkias Werinussa, Asisten III Otto Parorongan, kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Papua Barat, Thamrin Payapo, plt. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD ) Papua Barat, Agus Nurodi, Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Papua, Helen Frida Dewi, serta Beberapa Pejabat Utama dari Polda Papua Barat.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment