Update..!! Hasil Rapat Lanjutan Kesiapan Kunjungan Wakil Presiden RI di Manokwari, Berikut Selengkapnya

MANOKWARI – Senin (10/7/2023) malam , Rapat terbatas kesiapan kunjungan kerja Wakil Presiden Republik Indonesia di Papua Barat, khususnya Kabupaten Manokwari kembali digelar dengan bertatap muka serta membahas sejumlah rangkaian agenda bersama Tim Protokol Wapres. Dipaparkan kegiatan Wakil Presiden di Manokwari akan terpusat pada pada hari Sabtu (15/7/2023) di beberapa titik.

Rapat dipimpin Asisten III, Abdul Latief Suaeri didampingi Asisten II, Melkias Werinusa, dan Plt. Kadis PUPR Papua Barat, dipusatkan pada salah satu hotel.

Diuraikan Dantim Protokol Wapres, Reza Wardi untuk saat telah adanya kepastian kedatangan Wakil Presiden, K.H Ma’ruf Amin
bersama Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin di Manokwari pada Jumat (14/7) setelah bertolak dari lokasi kunjungan sebelumnya di Kabupaten Fakfak dan Teluk Bintuni.

Untuk hari kedua, secara garis besar terdapat tiga acara diantaranya menghadiri konferensi hari pekabaran Injil, pemaparan proyek strategis dan menuju lokasi pemekaran kelapa sawit rakyat beralamat di kampung Wasegi indah distrik Prafi.

“Akan ada pemaparan proyek strategis.
Info diterima dari pusat ada pasar Sanggeng, Lapangan Borarsi dan Situs bukit Aitumeri. Rencana di ruangan, Wapres akan mendengarkan pemaparan, bentuknya langsung keliling mendengarkan, melihat gambar maupun video yang disiapkan. Mungkin wapres akan berikan pesan atau statement,” Jelasnya.

Selanjutnya pada pukul 13.00 WIT rombongan akan bertolak menuju perkebunan kelapa sawit. Pada lokasi tersebut akan dilakukan peninjauan dan doorstop, kemudian kembali menuju Bandara untuk persiapan keberangkatan ke Kota Sorong.

Saat ini pihaknya masih memberikan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 jam menuju lokasi, tetapi akan dipastikan dengan pengecekan secara langsung pada besok hari.

“Ini kami akan detailkan kembali setelah survey dengan tim advance lain yang akan tiba besok dan akan jelaskan detail saat rapat wilayah,” Sambungnya.

Plt. Kepala Dinas PUPR Papua Barat, Yohanis Momot,ST.,MT menambahkan bahwa pihaknya sangat mengharapkan agar Wakil Presiden dapat secara langsung melakukan pencanangan sejumlah proyek strategis dengan rencana dipusatkan pada areal pasar Sanggeng. Dikatakan semua persiapan guna berlangsungnya pencanangan telah dilakukan, akan tetapi menyerahkan sepenuhnya menjadi pertimbangan.

Dirinya juga mengakui dengan agenda yang beruntun tidak dapat terlalu dipaksakan, tetapi berharap adanya solusi atau jalan keluar menjawab kerinduan tersebut.

“Kami berharap kalau seyogianya kita bisa gunakan waktu semaksimal mungkin Bapak Wapres bisa ke Sanggeng, kalau disini kan secara publis masyarakat tahu lewat media. Kita sudah siapkan proyek apa semua, RTP Borarsi, Aitumeri, Sanggeng, dua jalur dalam kota kita sudah siapkan. Tetapi yang kami dan Pak Bupati Manokwari harap ada 1 proyek yang langsung bisa Bapak turun langsung ke lapangan,” Terangnya.

Menanggapi pernyataan tersebut Dantim Protokol Wapres, Reza Wardi mengatakan pihaknya akan melakukan survey ke pasar Sanggeng untuk menilai sehingga keputusan ada pada hasil dilapangan serta pembahasan rapat lanjutan.

“Biarkan kami tiba untuk melihat langsung dulu, besok pagi akan survey ke pasar Sanggeng. Kita lihat penilaian apakah pas atau tidak. Seandainya Wapres kesana apakah bisa proyek strategis lainnya dipaparkan disana juga, artinya tidak perlu pemaparan disini, semua disatukan disana. Untuk waktunya izinkan kami melihat dulu,” Tambahnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Papua Barat, Dr. Ir. Jacob Fonatab,M.Si mengatakan terkait agenda kunjungan Wapres pada Proyek peremajaan sawit rakyat di Wasegi juga telah dipersiapkan. Selain itu sekira 200 petani sudah siap dan turut dihadiri pengurus Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) dari 22 provinsi.

“Mereka orang pertanian ada di lapangan dan berharap Wapres ketemu mereka di lapangan,” Jelas Fonataba.

Asisten II Setda Papua Barat, Melkias Werinusa,SE.,MH juga memberikan arahan guna memaksimalkan perencanaan secara matang, serta teknis di lapangan agar semua dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, bertindak selaku pimpinan rapat, Asisten III, Abdul Latief Suaeri mengatakan hasil rapat malam ini akan menjadi acuan untuk selanjutnya berlangsung pembahasan pada besok hari usai tim Protokol Wapres melakukan survey secara langsung.

Turut hadir menghadiri rapat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Papua Barat, Kadis Kelautan dan Perikanan Papua Barat, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Papua Barat, Kepala Dinas ESDM Papua Barat, Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua Barat, Kepala Dinas Ketahan Pangan Papua Barat, Kepala Biro Perekonomian, Kepala Biro Pemerintahan, Plt. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Papua Barat dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Manokwari.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment