Upacara Harkopnas Ke-76 di Papua Barat, Momentum Pemajuan Koperasi Sebagai Kunci Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si memimpin upacara memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-76 tahun 2023, berlokasi lapangan apel kantor Gubernur, Arfai, Rabu (12/7/2023). Para peserta upacara berasal dari perwakilan masing-masing OPD lingkup pemprov Papua Barat, dihadiri forkopimda dan bertindak sebagai Komandan Upacara, Kepala Biro Pemerintahan, Agustinus M. Rumbino.

Membacakan sambutan tertulis Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Gubernur Waterpauw mengungkapkan koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Untuk mensejahterakan anggota, koperasi menyelenggarakan berbagai usaha serta layanan sesuai kebutuhan anggota.

“Ibarat kendaraan, koperasi ini seperti Bus yang mengangkut banyak orang. Jumlah tersebut menjadi salah satu kekuatan koperasi dengan cara menyatukan kepentingan anggota untuk melakukan pengadaan, produksi, pengolahan atau pemasaran bersama,” Ujarnya.

Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi, dari sisi peluang, sektor ril juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata dan banyak macam usaha lainnya. Selain itu komoditas unggulan di wilayah harus dikembangkan dengan cara demikian, sehingga koperasi bekerja hulu dan hilir agar mendapat nilai tambah tinggi dan manfaat ke anggota meningkat.

Saat ini Kemenkop UKM sedang menyusun RUU Perkoperasian sebagai pengganti UU nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian. Dirancang agar mendorong perkoperasian yang lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, teknologi, sosial dan budaya secara global.

“Dengan substansi yang kaya dan fundamental tersebut, kami meyakini wajah koperasi Indonesia akan berubah 5 hingga 10 tahun mendatang setelah RUU tersebut disahkan. Inilah momentum pemajuan koperasi sebagai kunci meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Tandasnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment