Berlangsung Sehari, Penanaman Pohon dan Ziarah Makam Jelang Hari Bakti PUPR Ke-76

MANOKWARI – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si menghadiri kegiatan penanaman pohon dalam rangka Hari Bakti PUPR Ke-76. Kegiatan yang melibatkan segenap Dinas PUPR Papua Barat berlokasi di Komplek Sport Center Kampus Universitas Papua, Kamis (2/12/2021).

Gubernur Drs. Dominggus Mandacan menyampaikan apresiasinya kepada Menteri PUPR atas dukungan dalam tahapan pembangunan. Selain itu penanaman yang berlangsung hari ini sejalan dengan pencanangan Provinsi Konservasi di Papua Barat.

“Terimakasih kepada bapak Menteri PUPR melalui kepala Balai Cipta Karya, terimakasih banyak. Juga didukung Rektor Unipa dan masyarakat sehingga sport center ini bisa dibangun, ini tahap pertama dan masih ada dua tahun lagi selesai,” Ujar Gubernur.

Ditambahkan Gubernur, saat ini Papua Barat memiliki salah satu ikon baru setingkat nasional yang sekira dapat dijaga agar dinikmati bersama. Kehadiran kementerian PUPR di Papua Barat juga telah banyak memberi kontribusi dalam pembangunan.

“Kita harapkan Sport Center ini tetap hijau dan lestari. Hari ini kita tanam pohon kembali, kita harus hijaukan kompleks ini. Luar biasa kita di Papua Barat punya satu ikon lagi setingkat nasional,” Tambahnya.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (PPW) Papua Barat, Marsudi., ST., SE., MM melaporkan kegiatan penanaman berlangsung serentak di seluruh Indonesia dalam rengka hari bakti PUPR. Sebanyak kurang lebih 775 pohon ditanam pada lokasi Spot Center Kampus Unipa.

Manfaat terbangunnya lokasi tersebut untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dibidang olahraga dan kewirausahaan.

“Penghijauan ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia salah satu di Papua Barat, kita merencanakan menanam pohon sebanyak kurang lebi 775 pohon sebar di lokasi sarana prasarana infrastruktur yang sudah terbangun di Papua Barat. Kegiatan pembangunan ini juga melibatkan subkon teman-teman Orang Asli Papua sebanyak 18 orang dengan biaya 125 miliar 123 juta dalam tiga tahun anggaran,” Singkat Marsudi., ST., SE., MM.

Sebelum melaksanakan kegiatan penanaman pohon, Dinas PUPR Papua Barat terlebih dulu berziarah ke taman makam menghormati jasa para pahlawan. Ziarah turut dihadiri Balai lingkup PUPR, Dharma Wanita Persatuan Dinas PUPR Papua Barat dan Paguyuban Papua Barat.

Selain itu, Kepala BPJN Papua Barat, Kepala BPPW Papua Barat, Kepala BWS Papua Barat, Kepala Balai Perumahan, Kepala Balai BP2JK Papua Barat, serta Panitia Hari bakti 2021.

Pada besok hari upacara puncak peringatan hari bakti PUPR berlangsung di lapangan upacara Kantor Gubernur, Arfai, Kabupaten Manokwari. [kpb_01]

Leave a Comment