6 Gubernur Se-Tanah Papua Gabung Jurus, Silaturahmi dan Kolaborasi dalam Persatuan

JAKARTA – Para pimpinan Daerah Se-Tanah Papua berkumpul satu meja membahas langkah strategis, saling bergandengan tangan menatap masa depan. Agenda yang digagas spontan tersebut usai mengikuti salah satu rangkaian kegiatan nasional, Selasa (2/4/2024).

Sesuai pantauan, pembahasan juga merujuk penyesuaian dalam waktu dekat bakal digelar pertemuan khusus dan terpusat, dihadiri semua Gubernur dari 6 provinsi di Tanah Papua.

Kesempatan memberikan saran masukan, Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere,MTP sangat menyambut baik inisiasi positif dimaksud. Menurutnya ini momentum penting membakar semangat dalam bingkai rumpun tanah Papua.

“Bagaimana kita mempersatukan itu dengan baik. Semangat Papua adalah kecerdasan spiritual dan akarnya adat, budaya dan pemerintah,” Ucapnya.

Ditekankan, menjadi fokus bersama menyatukan visi 20 tahun mendatang dalam kerangka Indonesia Emas 2045. Ia juga mengakui tidak sepaham dengan pernyataan menjadi tuan di negeri sendiri, alasannya menciptakan mindset yang mudah tersinggung dan tidak dapat berada di tempat lain untuk menjadi pelayan baik.

“Papua yang cerdas dan menjadi pelayan terbaik, cukup itu saja. Pelayanan diri, pelayanan kepada Tuhan dan sesama. Kita berharap kedepannya menjadi pelayan terbaik, senyum itu terjaga sehingga evaluasi masing-masing dengan kondisi,” Urainya.

Poin terakhir berkaitan dengan rencana kunjungannya ke Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, sehingga sedikit berkomunikasi kedepannya jika dimungkinkan untuk melobi satu kawasan khusus secara berdampingan, berkaitan pembangunan Kantor Penghubung Daerah.

“Info guest house bangun sendiri kalau bisa kita usulkan kantor penghubung satu lokasi keseluruhan tanah Papua. Kalau ini pikiran satu saya akan sampaikan dalam pertemuan bersama Pj. Kalimantan Timur,” Usulnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment