Lantik 4 Anggota MRP Papua Barat, Wamendagri Ingatkan Percepat Pemilihan DPRK dan DPRP Jalur Pengangkatan

MANOKWARI – Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo,S.H.,MH resmi melantik empat anggota Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat sisa masa jabatan 2023-2028. Momentum istimewa tersebut turut dihadiri Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere, MTP beserta Forkopimda dipusatkan pada salah satu hotel,  Sabtu (23/3/2024) sore.

Empat anggota MRP Papua Barat yang dilantik terdiri dari tiga pria unsur adat dan satu wanita anggota unsur agama. Diantaranya Joni Inden, Eduard Orocomna, Wilson Mathias Hegemur, dan Maria Imaculata Saimar.

Wamendagri memberi arahan agar tugas yang akan dihadapi berkaitan dengan proses seleksi anggota DPRK dan DPRP jalur pengangkatan dapat terealisasi dengan aman dan lancar. Dikatakan saat ini tahapan sedang diproses dan ditargetkan minggu depan telah diterbitkan Permendagri untuk seleksi tingkat provinsi. Sementara untuk DPRK Jalur pengangkatan merujuk Peraturan Gubernur.

“Mohon dukungan kepada Pak Gubernur untuk segera kita laksanakan, karena DPR yang kita angkat, baik Provinsi maupun kabupaten akan dilantik bersamaan dengan DPR hasil pemilu 14 Februari 2024. MRP mengusulkan tiga orang merupakan keterwakilan masyarakat adat untuk menjadi calon anggota pansel provinsi dan masing-masing kabupaten dibentuk sesuai keputusan MRP Papua Barat,” Jelasnya.

Ia berharap tahapan tersebut dapat dijalankan dalam kurun waktu secepatnya, mengingat akan dihadapkan pada Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak 2024 sesuai jadwal 27 November mendatang.

Ucapan selamat disampaikan kepada para Anggota yang dilantik, sekira menjalankan amanah dengan baik, sehingga dapat mengawal apa yang menjadi hak-hak masyarakat di Papua Barat.

“Mohon dukungan bersama Pemerintah Daerah, Pangdam, Kapolda, Kabinda dan kita semua mengawal proses Pemilukada yang akan jalan. Kalau kita sukses pileg dan pilpres kita harapkan pemilihan Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota, Gubernur dan Wakil Gubernur kedepan bisa berjalan dengan baik,” Harapnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment