Kebahagiaan Ramadhan, TP PKK Papua Barat Berbuka Puasa dan Berbagi Kasih Bersama Yayasan Semi Meta Bahagia

MANOKWARI – Tim Penggerak PKK Papua Barat menggelar Buka Puasa bersama dan berbagi kasih dengan Yayasan Semi Meta Bahagia, Distrik Masni. Dalam semangat kebersamaan dan solidaritas penuh kehangatan, momen tersebut dibalut senyum anak-anak diawali lantunan Kalam ilahi, Senin (25/3/2024).

Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat, Ny. Hj. Siti Mardiana Temongmere,SE mengungkapkan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah serta ampunan merupakan waktu yang tepat memperbanyak amal ibadah serta memperkuat silaturahmi. Kegiatan ini juga bukan hanya berkumpul, membatalkannya dengan makan minum bersama, tetapi melalui doa yang dipanjatkan mendapat nikmat Allah berupa kesehatan, rejeki, dan panjang umur.

“Kalau kita membuat orang bahagia, Allah akan memberikan kebahagiaan untuk kita juga. Semoga sentuhan kecil yang kami siapkan dapat menjadi kebahagiaan bagi anak-anak asuh yayasan disini. Kiranya di bulan puasa ini kita diingatkan memperbanyak amal ibadah,” Ungkapnya.

Ditambahkan, Pj. Ketua TP PKK Papua Barat agenda berbuka bersama merupakan program kerja Pokja I yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Allah SWT. Disamping itu waktu berbuka puasa harus disertai doa karena sehari penuh dapat menjalankan

“Karena kita masih ada dalam lindungannya, untuk melakukan segala tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan. Mari kita tingkatkan iman dan taqwa di bulan puasa yang akhirnya mendapat pahala dari Allah SWT,” Terangnya.

Tauziah yang disampaikan oleh Ustad. H. M. Naki mengajarkan anak-anak dan jemaah menjunjung tinggi salam dan wajib dibalas dengan hati dan bahagia. Hal itu tentu sejalan dengan ajaran Al-Qur’an “wahai orang beriman diwajibkan atas keahlian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan orang-orang sebelum kalian,”.

Tujuan berikut agar menjadi manusia bertaqwa, yakni orang-orang mampu meninggalkan larangan Allah dan melaksanakan perintah. Pesan penting jika menjalankan perintah Allah, maka dipastikan jalan keselamatan dunia dan akhirat.

“Untuk apa diwajibkan puasa agar kamu menjadi sehat, kalau kita tidak puasa ibaratkan mobil tidak pernah ganti oli nanti jebol/rusak, sama halnya satu tahun tidak puasa saya pastikan tubuhnya rusak. Jika mampu menjalin hubungan secara vertikal dan horizontal bersama Allah pasti selamat, itu yang Allah janjikan kepada orang yang berpuasa, bersih seperti anak yang baru lahir,”

Dilaporkan tertanggal 21 Maret 2024, Tim Penggerak PKK telah menyalurkan bantuan sosial yang sekira dapat bermanfaat. Adapun bantuan berupa pakaian seragam, buku, peralatan rumah tangga, sedangkan para partisipan juga menyumbangkan pakaian layak pakai dan lainnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment