HBR Ke-41 Papua Barat, Pj. Gubernur Ali Baham : Panggilan Jiwa dan Tugas Bersama Lestarikan Hutan Alam

MANOKWARI – Senin (18/3/2024), Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP bertindak sebagai Inspektur upacara memperingati Hari Bakti Rimbawan Ke-41 tahun 2024. Ia menekankan pemerintah Papua Barat juga berfokus pada pembangunan berkelanjutan, pelestarian alam dan pemanfaatan karbon yang saat ini disusun dalam RPJPD menuju Indonesia Emas 2045.

Ia mengingatkan HBR Ke-41 merupakan momen kebersamaan untuk terus memelihara dan menumbuhkan, serta aktualisasi jiwa korsa Rimbawan Indonesia. Apresiasi dan penghargaan yang tinggi diberikan bagi para rimbawan telah  berkinerja terbaik dalam lingkup tugas dan profesi masing-masing. Utamanya sangat berarti mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan secara berkelanjutan.

“Senantiasa ada dalam benak kita tentang peranan Rimbawan dalam menjaga hutan sebagai elemen dan struktur pembentuk bentang alam dan mempengaruhi di alam.

Panggilan jiwa dan tugas kita bersama melestarikan hutan alam kita, hutan tropika basah Indonesia,” Ujar Pj. Gubernur Ali Baham, membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya,M.Sc.

Tidak lupa untuk dipedomani, kekayaan, keindahan dan keberagaman alam Indonesia telah menuntun pemahaman bersama sebagai bangsa yang tidak hanya memanfaatkan sumberdaya alam untuk generasi kini. Akan tetapi harus memastikan keberlanjutan pemanfaatannya bagi generasi mendatang.

Pesan khusus, pada aspek dimensi sosial dan interaksi publik/masyarakat, masih perlu di intensifkan. Mengingat masyarakat Indonesia secara umum adalah masyarakat yang dalam kehidupannya menyatu dengan alam.

“Pemahaman ini membangkitkan kesadaran bersama untuk sedapat mungkin mengatasi tantangan tekanan kepada sumberdaya alam, yang dimungkinkan dapat mengganggu keberlangsungan pemanfaatannya bagi generasi masa depan,” Terangnya.

Disamping itu terus memperkuat kohesi sosial,memperbanyak interaksi sosial dan membangun inovasi sosial untuk kepentingan bangsa.

“Terus lakukan konsolidasi Rimbawan dan pertebal dedikasi Rimbawan untuk Indonesia tercinta,” Harapnya.

Penulis : Givenly Frans

Foto : Rustam Madubun (Papuadalamberita.com)

Leave a Comment