Anak Resmikan Gereja St. Aloysius Gonzaga, Ayah Lebih Dulu Ukir Sejarah Dukung Pelayanan Umat Katolik

FAKFAK – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP didampingi Bupati Untung Tamsil dan Uskup Manokwari Sorong, Hilarion Datus Lega meresmikan Gedung Gereja Santo Aloysius Gonzaga Gewerpe. Peristiwa penting itu menjadikan semangat persatuan dalam bingkai semboyan “Satu Tungku Tiga Batu” di negeri Mbaham Matta, Sabtu (9/3/2024).

Pj. Gubernur mengulas sejarah panjang masuknya Agama Katolik di daerah tersebut melalui kedatangan Peter Cornelis Le Coq D’armandville tahun 1894 silam. Seiring perkembangan, lokasi pembangunan gereja yang diresmikan hari ini diberikan oleh seorang wanita muslim woretma-kabes.

“Seorang perempuan muslim yang tanahnya diserahkan untuk pembangunan gereja ini, itulah gambaran kita menjaga kerukunan satu tungku tiga batu. Bukan hanya dengan kata-kata tetapi wujud nyata saling menerima dan menghargai. Oleh sebab itu jaga bersama kekuatan luar biasa ini bukan untuk Fakfak tapi seluruh tanah Papua,” Ujarnya.

Ada yang menarik jika menatap kebelakang, pasalnya ayah dari Pj. Gubernur Papua Barat juga pernah mencetuskan sejarah yang mendukung pelayanan umat Katolik. Sebagai kepala kampung Kotam, (Alm) Ahmad Temongmere saat itu mengamati pertumbuhan penduduk di kampung wayati yang mengalami peningkatan pesat. Sehingga sebagian warga diusulkan dipindahkan ke kampung Kwama.

 

Di Kampung Kwama itulah seorang (Alm) Ahmad Temongmere membangun gedung Gereja Katolik untuk sarana peribadatan umat.

 

“Kampung Kwama itu Bapa tidak bangun Masjid tapi minta yang Islam pergi sembayang di Kotam, di Kwama hanya bangun gereja Katolik pertama. Itu adalah gambarannya, kalau hari ini saya tandatangan disini itu sebagai Pj. Gubernur tapi Bapak lebih dulu bangun Gereja,” Serunya.

Bupati Kabupaten Fakfak, Untung Tamsil berharap gedung gereja baru dapat bagi keberlangsungan peribadatan seluruh umat katolik khususnya Gewerpe. Selain itu menjadi tanggungjawab bersama, pemerintah berkewajiban mendukung pembangunan guna membangun kualitas Kehidupan umat.

“Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan selamat gedung gereja yang megah ini dapat bermanfaat dalam memperkokoh iman. Akan menjadi momen tepat memperkokoh semangat kebersamaan serta memberikan nuansa baru dalam menumbuhkan tekad dan semangat bagi segenap masyarakat Fakfak,” Tambahnya.

Uskup Manokwari Sorong, Hilarion Datus Lega menghaturkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang berkontribusi menunjang proses pembangunan. Selain itu ditegaskan semua umat mendukung kinerja Penjabat Gubernur Papua Barat.

“Atas restu Allah SWT, Ali menjadi Penjabat Gubernur, putra terbaik dari Jazirah Onim ini tampil di panggung provinsi Papua Barat. Kepada umat Katolik anda wajib dukung Bapa Gubernur, ini harga mati jangan main-main, ini anak Fakfak, anak kepala kampung Kotam,” Tegasnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment