Penjelasan Pj. Gubernur Ali Baham Soal Penghentian Penerbangan Batik Air ke Manokwari

MANOKWARI – Selasa (27/2/2024), Penjabat Gubernur Papua Barat,Drs. Ali Baham Temongmere,MTP buka suara berkaitan penghentian penerbangan salah satu maskapai ke Manokwari. Hal ini tentu berdampak pada pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Kepada sejumlah awak Media dirinya menjelaskan bahwa surat yang ditandatangani telah diantar ke Jakarta untuk berkomunikasi kementerian terkait. Atas usaha tersebut telah diberikan petunjuk dari pusat, semula penerbangan batik rencana aktif 25 Maret tetapi atas permintaan dijadwalkan 2 Maret penerbangan sudah aktif kembali.

Adapun alasannya penghentian penerbangan karena intensitas penumpang yang kurang sehingga menjadi catatan tersendiri.

“Jakarta-Manokwari berhubungan dengan jumlah penumpang, kami minta dihitung dulu kalau ini dimungkinkan kita bisa bersama dengan jajaran pemerintah, seat kita atur bersama. Intensitas 3 kali seminggu kaitan dengan volume penumpang masuk keluar Manokwari, sesuai data jumlah penumpang kurang,” Jelasnya.

Selain itu untuk akses penerbangan antar kabupaten di Papua Barat, diinformasikan

pada bulan Maret mendatang bakal dibuka kembali. Oleh sebab itu langka kedepannya akan dikomunikasikan bersama para Bupati, terutama daerah penghasil karena berhubungan dengan para pekerja diantara LNG Tangguh, Genting Oil dan lainnya agar masuk melalui Manokwari.

“Karyawan semula singgah di Sorong, kami berharap harus ada itikad baik untuk mendorong Papua Barat. Ini kita bicara untuk dari jakarta karyawan lewat Manokwari, kepentingan bandara Manokwari arus masuk keluar lancar kita minta BP Tangguh punya kepedulian untuk bangun Papua Barat, genting oil juga demikian,” Tegasnya.

Sehubungan dengan rencana dimaksud, pihaknya meminta Pemda Kabupaten Manokwari memberikan dukungan agar pengoperasian bandara dapat didorong. Pasalnya standar pelayanan perusahaan menumpangi maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

“Komitmen ini kita sama-sama wujudkan maka Sorong hidup dan Manokwari hidup. Garuda itu kami juga berharap bandara dibuka Garuda bisa masuk karena standar karyawan mereka itu pakai Garuda,” Tandasnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment