Pj. Gubernur Ali Baham Beri Jawaban Atas Tambahan Pemandangan Umum Fraksi DPR Papua Barat Terkait P3D Di Papua Barat Daya

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Bahan Temongmere, M.TP, dalam penyampaian jawaban atas pemandangan umum Fraksi-Fraksi terhadap penjelasan Gubernur terkait nota keuangan rancangan peraturan daerah ( Raperda ) APBD tahun anggaran 2024 yang disampaikan Pj. Gubernur sebelumnya.

Dimana terkait dengan pengalokasian anggaran bantuan keuangan ke kabupaten Manokwari sebesar 50 miliar rupiah pada APBD perubahan tahun 2023 dalam program pembangunan kota Manokwari sebagai ibu kota provinsi Papua Barat.

Sementara terhadap pemandangan DPR Papua Barat tentang pengalihan personil, perawatan, pembiayaan dan dokumen P3D ( Personil, pembiayaan, sarana dan prasarana ) dari provinsi Papua Barat kepada provinsi Papua Barat Daya. Dijelaskan Pj. Gubernur, bahwa proses mengarah ke penyelesaian P3D  terus berlangsung. Saat ini pihak pemprov Papua Barat juga telah menyelesaikan rekonsiliasi aset terhadap tujuh perangkat daerah yang berada di wilayah provinsi Papua Barat Daya yang telah siap diserahkan pada tahap pertama.

“Sedangkan sisanya akan dilakukan secara bertahap paling lama tiga tahun, sebagaimana amanat UU nomor 29 tahun 2022, tentang pembentukan provinsi Papua Barat Daya. Penyerahan P3D dimaksud juga termasuk di dalamnya penyerahan permasalahan yang harus diselesaikan dan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi Papua Barat Daya.  Demikian jawaban pemerintah provinsi Papua Barat atas pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPR Papua Barat,”tandas Pj. Gubernur.

Jawaban Pj. Gubernur tersebut, tersampaikan atas tambahan pemandangan pihak DPR sebelumnya, dalam rapat pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPR Papua Barat. Dimana terjadi tambahan pendapat dari pihak legislatif, terkait dengan pengalihan aset dan personil dari provinsi Papua Barat kepada provinsi Papua Barat Daya.

DPR Papua Barat juga memandang pentingnya perhatian pemerintah terhadap penataan dan pembangunan Manokwari sebagai ibu kota provinsi Papua Barat yang dapat maju dan setara dengan ibu kota provinsi lainnya di Indonesia.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment