Pj. Gubernur Waterpauw Buka Rapat Inflasi TPID Bersama Bupati Se-Papua Barat

Manokwari – Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw M.Si membuka Rapat Koordinasi Inflasi Daerah Bersama Bupati Se-Papua Barat dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) provinsi Papua Barat, bertempat pada salah satu hotel di manokwari, Selasa, (12/09/2023).

Penjabat Gubernur dalam sambutannya, meyakini semangat gotong royong juga komitmen demi kemajuan signifikan. Pj. Gubernur juga mengajak seluruh stakeholder bekerja sama mengimplementasikan hasil diskusi.

“Saya meyakini bahwa dengan semangat rotong royong dan komitmen bersama, kita dapat meraih kemajuan yang signifikan. Saya mengajak seluruh stakeholder yang hadir hari ini untuk bekerja sama dalam mengimplementasikan rekomendasi-rekomendasi yang dihasilkan dari diskusi hari ini” Ungkapnya.

Tidak hanya itu Pj.Gubernur juga menyampaikan, bahwa stunting, dan kemiskinan ekstrim menjadi bagian dari kenaikan inflasi. Dimana dampak tingginya inflasi juga berpengaruh dengan ketidak seimbangnya pendapatan dan pengeluaran, terbatasnya harga dan daya beli yang rendah.

“Semakin tinggi Inflasi kita, pendapatan dan pengeluaran tidak seimbang, jumlah ketersedian barang juga terbatas dengan harga yang tinggi kemampuan daya beli kita juga rendah,” Ujarnya.

Diketahui, per bulan Agustus 2023 kabupaten Manokwari tercatat sebagai kabupaten dengan tingkat Inflasi tertinggi di Indonesia sebesar 0,55% atau 6.40%. Kondisi ini perlu mendapat perhatian berbagai pihak. Mengingat tingkat inflasi merupakan salah satu aspek yang mencerminkan kesejahteraan masyarakat. Pengendalian Inflasi ini juga harus didorong melalui keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi serta komunikasi yang efektif.

Hadir dalam rapat perwakilan jajaran Forkopimda Papua Barat, Kepala Bank Indonesia perwakilan Papua Barat, Badan Pusat Statistik provinsi Papua Barat, Sekda Papua Barat, Asisten dan Staf ahli, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemprov, Papua Barat serta tamu undangan lainnya.

Penulis : Melisa Tulus

Foto : Fauzan Nurlette

Leave a Comment