Letakan Batu Pertama Kawasan Arena Publik Borarsi, Pj. Gubernur Papua Barat : Tempat Ini akan Menjadi Terobosan Besar

Manokwari – Pj. Gubernur Provinsi Papua Barat, Komjen Pol (purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si berkesempatan meletakan batu pertama Pembangunan Kawasan Arena Publik Borarsi Manokwari bersama Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indou, S.IP, MH tepat pada Selasa (12/09/2023) berlokasi di eks Lapangan Borarsi.

Paulus Waterpauw yang membawakan sambutan, diantara para tamu undangan menyampaikan bahwa Manokwari sebagai Ibu kota Provinsi Papua Barat telah berhasil menciptakan terobosan besar. Dirinya juga menyambung bahwa Bupati Manokwari Hermus Indou berhasil menjawab program Presiden Joko Widodo yang berkaitan dengan kebijakan NAWACITA dimana membangun dari pinggiran,
“Upaya ini adalah sebuah terobosan yang menurut saya sangat luar biasa. Saya mau sampaikan juga bahwa tujuan dari pembangunan sarana ini adalah untuk menyediakan sarana-prasarana Pemuda Olah Raga juga Sosial Kemasyarakatan yang juga akan menimbulkan dampak pertumbuhan ekonomi karena akan dibuat ruang terbuka umum yang nantinya akan menjadi icon Manokwari Kota Peradaban. Pembungan ini akhirnya menjawab kebijakan Nawacita dari Presiden RI dimana membangun dari pinggiran. Tidak salah kalau kita memulai dari pinggiran” jelas Waterpauw.

Borarsi sebagai Ruang Terbuka Publik nantinya akan menjadi icon besar di Kabupaten Manokwari yang juga sebagai simbol “Membangun Indonesia di Tanah Papua”. Bupati Manokwari Hermus Indou dengan tegas menyampaikan bahwa mindset tersebut harus menjadi mindset setiap orang yang bermukim di Manokwari,
“Kita sedang berjuang bersama-sama untuk membangun Indonesia di tanah Papua. Jadi mindset ini harus menjadi mindset semua orang. Indonesia yang baik dan berkualitas harus kelihatan di seluruh penjuru negeri. Jadi apa yang kita bangun ini adalah bentuk kehadiran Negara untuk membuat rakyat di Kabupaten Manokwari merasa harga diri dan martabatnya terangkat tetapi juga ras mereka makin hari makin percaya bahwa orang Papua adalah bagian dari Indonesia” tegas Bupati Manokwari.

Ruang Terbuka Publik Borarsi Manokwari akan dibangun diatas luas lahan 24.940 m2 dengan Luas Bangunan 4.903,71 m2 dengan Waktu Pelaksanaan selama 11 Bulan (Agustus 2023 s/d Agustus 2024) yang akan menelan anggaran Biaya Pelaksanaan sebesar Rp. 67.627.764.000, serta Biaya Manajemen Konstruksi Rp. 2.026.776.750. Sementara untuk Lingkup Pekerjaan adalah Gedung Utama, Lapangan Basket, Panggung Utama , Lapangan Gateball, Lapangan Serbaguna , Play Ground, dan Tribun Sayap.

Ruang Terbuka Publik Borarsi nantinya dapat digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, sosial budaya ekonomi, keagamaan, dan olahraga bagi masyarakat di Kabupaten Manokwari.

Penulis : Maria Malir

Leave a Comment