Pj. Sekda Fonataba Buka Turnamen Futsal Flobamora Papua Barat

MANOKWARI-Penjabat Sekda Papua Barat, DR. Yakob S. Fonataba., SP, M.Si, mewakili Pj. Gubernur Papua Barat, dengan resmi membuka Turnamen Futsal Flobamora Papua Barat, berlangsung pada salah satu lapangan Futsal di kota Manokwari, selasa ( 12/09/2023 ).

Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pj. Sekda Fonataba, mengatakan, warga Flobamora Papua Barat memiliki potensi untuk berkontribusi dalam berbagai program pemerintah di berbagai bidang pembangunan. Melalui Turnamen futsal ini, Pj. Gubernur, berharap dapat menyalurkan bakat anak-anak Flobamora tapi juga membantu pemerintah dalam pembangunan di bidang olahraga.

“Flobamora tentu memiliki warga di seluruh Nusantara. Saat ini di Papua Barat jumlah warga Flobamora yang sudah lebih dari 30 ribu orang, tentu sangat potensial dalam mendukung program pemerintah. Saya berharap Flobamora dapa pemerintah di berbagai bidang. Dengan usia yang ke 8 tahun, saya berharap Flobamora semakin dewasa dalam membangun hubungan internal maupun eksternal, sesua moto HUT Flobamora tahun ini, yaitu bersatu untuk membangun Papua Barat,”ujar Pj. Sekda Fonataba.

Selain itu, Tak kala penting, Pj. Sekda juga menyampaikan pesan Pj. Gubenur, agar masyarakat Flobamora dapat ikut menjaga keamanan dalam menghadapi pemilu 2024. Warga Flobamora juga diharapkan dapat berperan aktif dalam penekanan tingginya angka inflasi yang saat ini menjadi konsentrasi pemerintah provinsi Papua Barat.

“Dalam rangka mendukung inflasi, warga Flobamora diharapkan untuk ikut menjaga ketahanan pangan dengan menanam komoditi-komoditi yang dapat menyumbangkan tingginya angka inflasi daerah. Warga Flobamora juga dihimbau untuk mendukung penekanan penurunan stunting dan kemiskinan esktrim,”tandas Pj. Sekda Fonataba.

Sementara itu, Ketua Flobamora provinsi Papua Barat, Clinton Caniago Tallo, dalam sambutannya mengajak masyarakat Nusa Tenggara Timur yang ada di Papua Barat, untuk bersatu bahu-membahu serta hidup berdampingan bersama seluruh lapisan masyarakat Papua Barat dalam mendukung program pemerintah. Pihaknya menyebut, bahwa Flobamora memiliki 31 ribu jiwa yang tersebar di tujuh kabupaten se-provinsi Papua Barat.

“Mari kita merajut kembali kebersamaan kerukunan Flobamora kedepan. Bicara orang NTT sama dengan Papua dan Maluku serta terjadi kawin mengawin, sehingga kita adalah satu. Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh masyarakat NTT, mari kita sama-sama memegang teguh kejujuran.

Mari kita bersatu hati, kita mendukung pemerintah dalam program pembangunan,”ujar Clinton Tallo.

Dalam kesempatan ini, pemprov Papua Barat memberikan bantuan uang kepada panitia. Bantuan berupa uang juga datang dari pemda kabupaten Manokwari dan kepala suku Besar Arfak.

Diketahui, tujuan dilaksanakan futsal Flobamora, adalah menjembatani hubungan silatutahim antara masyarakat flobamora. Turnamen Futsal ini akan berjalan hingga 20 september 2023, dalam menyonsong HUT Flobamora provinsi Papua Barat yang ke 8 tahun, tanggal 26 septermber 2023.

Hadir dalam kegiatan ini, kepala suku besar Arfak, Dominggus Mandacan, plt. kepala dinas Pemuda dan Olahraga provinsi Papua Barat, Dr. Sammy, Saiba, perwakilan bupati Manokwari, para sesepuh Flobamora dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment