Gubernur Papua Barat Serahkan 10 Ribu Bantuan Bapok Kepada Umat Muslim Jelang Idul Fitri 1443 H

MANOKWARI – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan,M.Si menyerahkan secara simbolis 10 ribu paket bantuan bahan pokok dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443H/2022M. Penyerahan dipercayakan melalui Majelis Ulama Indonesia Papua Barat serta diteruskan ke Kabupaten/Kota, Senin (25/4/2022).

Gubernur Papua Barat, Drs.Dominggus Mandacan,M.Si mengucapkan bahwa pemerintah menyambut baik kegiatan ini dan sekira dapat dimaknai sebagai wujud kehadiran untuk membantu sesama. Selanjutnya diharapkan bantuan yang diterima dapat bermanfaat utamanya memenuhi kebutuhan masyarakat, terkhusus berpenghasilan rendah.

Gubernur juga berharap amal kebaikan dapat juga dilakukan oleh pemerintah Kabupaten/Kota Se-Papua Barat. Pesan lainnya agar solidaritas dan toleransi antar umat beragama tetap terjalin dengan baik demi Papua Barat yang aman sejahtera dan bermartabat.

“Pemerintah Papua Barat ada serahkan 10 ribu peket Bapok dan dilanjutkan kabupaten/Kota akan diterima melalui Bulog. Terutama kepada umat muslim yang layak dapat menerima, janda, duda, dan yatim piatu,” Beber Gubernur Drs. Dominggus Mandacan,M.Si.

“Saya harapkan umat tidak melihat berapa banyak, besar dan nilai tetapi ada perhatian pemerintah untuk berbagi. Saya sangat berharap pula saudaku menjaga solidaritas kerukunan dan mendukung pembangunan segala bidang,” Sambungnya.

Ketua MUI Papua Barat, H. Ahmad Nausrau, S.Pd.I,M.M menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Papua Barat yang telah memberikan kepedulian kepada umat muslim dalam rangka perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah. Disampaikan juga bahwa perhatian dari Gubernur Papua Barat telah ada sejak pandemi covid-19 dua tahun lalu dan momen peringatan hari besar keagamaan.

Disamping itu penyaluran bantuan bahan pokok juga melibatkan tokoh agama sehingga pihaknya merasa mendapat suatu kepercayaan dan kehormatan.

“Atas nama Umat Islam di Papua Barat, MUI dan pimpinan ormas Islam sungguh sangat bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan kepada Gubernur beserta jajarannya. Satu hal patut diapresiasi, dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat di Papua Barat betul-betul melibatkan tokoh agama, baik itu muslim atau Kristen. Sehingga kemudian tokoh agama berperan secara aktif menyalurkan ke sasaran dan masyarakat yang membutuhkan,” Tambah Ketua MUI Papua Barat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barart, George Yarangga,A.Pi.,MM dalam laporannya menyebut agenda tersebut merupakan kebijakan pemerintah memberikan perhatian umat beragama yang akan merayakan Idul Fitri tahun 2022. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak menimbulkan gejolak ekonomi dan menjaga stabilitas harga serta inflasi. Adapun total penyaluran sebanyak 10 ribu paket yang terdiri dari Beras, Gula, Tepung dan Minyak Goreng.

Khusus untuk wilayah Kabupaten Kaimana dan Fak-Fak dikarenakan ketersediaan minyak goreng hanya untuk kebutuhan masyarakat umum sehingga item minyak Goreng diganti dengan Gula.

“Stok minyak goreng hanya cukup untuk keperluan masyarakat, sedangkan komoditi paket diganti dengan Gula khusus di Kaimana dan Fak-fak,” Tandas Kadis Perindag Papua Barat. [kpb_01]

Leave a Comment