Pemerataan Akses Telekomunikasi Informasi Menuju Satu Data Indonesia dan SPBE di Kabupaten Manokwari Selatan

MANOKWARI SELATAN – Infrastruktur akses jaringan telekomunikasi dan informasi manjadi faktor penting dalam mewujudkan berjalanya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selanjutnya mendukung realisasi satu data sektoral menuju satu data Indonesia diperlukan dukungan pemerintah Kabupaten/Kota Se-Papua Barat.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat, Frans P. Istia dalam kesempatan menemui Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, Markus Waran, S.T.,M.Si telah menyatakan dukungan sarana prasarana penunjang yang dibangun melalui alokasi dana tambahan infrastruktur (DTI). Kedepannya aplikasi Sistim Informasi Data Sektoral Satu Noken (Sidassken) milik pemerintah akan dimaksimalkan dan merampung data secara keseluruhan.

“Ketersediaan Bigbox untuk menampung semua jaringan Kabupaten dan Provinsi, sehingga ketika orang mau datang dan mengecek data, contohnya pendidikan maka akan masuk pada portal dan dapat ditampilkan. Kita punya aplikasi namanya Sidassken,” Jelas Kadis Kominfo Perstatik Papua Barat, Minggu (24/4/2022).

Untuk Kabupaten Manokwari Selatan ditargetkan tahun 2023 mendatang, sementara akses pendukung lainnya tetap dikerjakan. Tim juga akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat memperbaiki sejumlah poin penilaian yang masuk sebagai kriteria SPBE.

“Indikator penilaian bersumber dari SPBE Kabupaten, jadi kalau salah satu indikator paling besar adalah infrastruktur jaringan. Karena kita menuju smartgoverment Manokwari Selatan maka teknologi informasi sudah harus dimanfaatkan,” Tambahnya.

Ditambahkan Kadis Istia untuk Data Sektoral target pada bulan juni mendatang sudah final. Hal itu berkaitan dengan percepatan satu data Indonesia sesuai Perpres 39 tahun 2019, maka digenjot satu data kabupaten tuntas. Terutama data sektoral.

” Ijin Pak Bupati, Data sektoral ini aplikasi kita sudah siapkan, apabila jaringan sudah maksimal tinggal dimasukan untuk siapkan semua OPD disana punya data mulai dari 5 tahun pertama baru potret data sektoral bisa ditampilkan. Aplikasi yang ada itu Sidassken dan kita mau padukan dengan Bigbox yang tadi,” Tutupnya. [kpb_01]

Leave a Comment