Progres Gedung Inovasi Kakao Ransiki Rampung 98 Persen, Simak Pengembangan Lanjutan dan Manfaatnya

MANOKWARI SELATAN – Proses pembangunan Gedung Inovasi Kakao Ransiki dilaporkan telah rampung 98 persen dan dalam waktu dekat akan diserahkan kunci. Kawasan pengembangan dengan luas 10 hektar tersebut akan dimaksimalkan dengan beragam sarana prasarana penunjang sesuai penjelasan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun,S.Hut.,M.Si, ditemani Kadis Kominfo Perstatik Papua Barat, Frans P. Istia, S.Sos.,MM, Minggu (24/4/2022).

Dipaparkan Kepala Balitbangda Papua Barat bahwa alur proses produksi yang dimulai dari biji Kakao Kering pada ruang tersendiri dan outputnya ruang selanjutnya telah menjadi Coklat Batang, Coklat bubuk dan pengembangan turunannya.

Saat didatangi, awalnya pengunjung akan disuguhkan ruangan sentra informasi atau Science Techno Park dan konsep yang dirancang berupa Agrowisata. Selain itu bakal dibangun homestay agar menarik minat wisatawan, sekaligus menjadi wadah belajar bagi pemuda bagaimana melayani serta managemen ekowisata.

“Science Techno Park atau bisnis inkubator, jadi petani akan datang belajar disini, ada juga pengembangan produk usaha dan pemuda. Akan ada homestay dibangun, jadi kalau wisatawan datang mengunjungi Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak hingga teluk cendrawasih sekaligus trans Papua hingga Nabire mereka bisa nginap disini,” Beber Kepala Balitbangda Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun,S.Hut.,M.Si.

Sebagai wujud pengembangannya Pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan akan turut bekerjasama dengan perguruan tinggi dan mediamasa.

“Kita punya pengusaha muda dan mama-mama itu mereka yang ingin memulai suatu usaha terutama produk turunan dari Kakao dan Kopi bisa belajar disini. Nanti ada kemitraan, kompleks ini akan jadi UPTB begitu, mitra dengan PT dan berbasis perkebunan yang ada di Manokwari Selatan” Tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Profesor termudah di Tanah Papua itu telah melaporkan progres pembangunan gedung Inovasi Kakao Ransiki kepada Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, Markus Waran, S.T.,M.Si dikediamannya.

Prof Heatubun menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan selama proses berjalan, sembari meminta kesiapan sarana pelengkap seperti listrik, instalasi air dan ruas jalan menuju lokasi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Bupati atas dukungan selama ini. Waktu itu saya sudah sampaikan ke Pak Bupati untuk kita minta dukungan akses listrik dan jalan di depan juga instalasi air bersih,” Lanjutnya.

Penyedia Jasa Konstruksi, Farah wasaraka yang secara langsung menangani tahapan pembangunan dimaksud mengatakan luas gedung mencapai 78×15 meter terdiri dari 3 bagian. Diantaranya pertama sebagai ruang terbuka, ruang produksi dan terakhir pengemasan.

“Kalau perhitungan dari kami sampai sekarang itu pekerjaan 98 persen dan rencananya tanggal 30 sudah serahkan kunci ke Pemerintahan. Dan saya akan melaporkan kepada konsultan pengawas untuk datang mengecek kita punya pekerjaan,” Tandas Farah wasaraka. [kpb_01]

Leave a Comment