Kadis Kominfo Perstatik PB Temui Bupati Mansel Lapor Pengembangan Infrastruktur Telekomunikasi Informasi

MANOKWARI SELATAN – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat gencar merapatkan barisan disertai dukungan pemerintah Kabupaten/Kota dalam percepatan pembangunan infrastruktur dan akses jaringan internet. Hal tersebut penting menuju satu data Nasional sesuai amanat Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019.

Kepala Dinas Informatika Persandian dan Statistik Papua Barat, Frans P. Istia,S.Sos.,MM saat menemui Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, Markus Waran,S.T.,M.Si telah melaporkan progres pengembangan infrastruktur telekomunikasi informasi. Disampaikan Kadis Kominfo Papua Barat tahun 2022 Kabupaten Manokwari Selatan kebagian 40 titik Base Transceiver Station (BTS), sembari meminta dukungan fasilitasi steril area agar saat hendak dibangun para operator tidak menemui kendala di lapangan.

Selain itu ketentuan interkoneksi harus ditanamkan induk jaringan (Backbone) pada kantor permanen.

“Manokwari Selatan ada kebagian pembangunan 40 BTS Pak Bupati dan akan diselesaikan tahun 2022. Dinas Kominfo menarik jaringan hingga membagi semua OPD menjadi satu, sehingga jaringan internet yang dipakai terpusat berbasis fiber optik,” Urai Kadis Kominfo Perstatik Papua Barat, Frans P. Istia, S.Sos.,MM.

“Ijin Pak Bupati jika dimungkinkan kira-kira ada satu gedung untuk menjadi tempat penyimpanan backbone dan server. Kemungkinan sampai tahun depan kita bangun jaringan induknya dan membagi jaringan poin to poin,” Sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kabupaten Manokwari Selatan, Markus Waran,S.T.,M.Si telah menyatakan dukungan. Dikarenakan tahapan pembangunan area perkantoran sementara sementara berjalan, maka akan diatur sesuai mekanisme. Bupati juga berharap akses jaringan internet dapat merata pada 6 distrik wilayah pemerintahannya.

“Terkait apa yang disampaikan Pak Kadis mau pemasangan Backbone di area pemerintahan mungkin tahun ini kita mulai membangun struktur fondasi perkantoran, khusus kantor Bupati. Melalui area yang ada itu sudah bisa sisipkan untuk bangun satu ruangan. Kalau ruangan kantor Bupati juga boleh supaya kita include masuk disitu,” Ucap Bupati Manokwari Selatan.

“Terkait beberapa titik itu berjumlah 40. Bisa beberapa titik ada di Oransbari, Ransiki dan pokoknya 6 distrik semuanya. Nanti kita menyurat ya Pak Kadis untuk sampaikan titik-titiknya,” Tandas Bupati Markus Waran. [kpb_01]

Leave a Comment