Forum OPD Renja Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat Tahun 2023

MANOKWARI – Acara Forum OPD Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat Tahun 2023. Kamis,(21/04/2022) bertempat pada salah satu Hotel di Manokwari.

Agenda tersebut mengusung tema “Mempercepat Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Unggul yang di dukung Infrastruktur Dasar dan Konektifitas Wilayah serta Lingkungan Hidup yang Lestari”

Sambutan Gubernur yang di sampaikan oleh Asisten II Sekda Provinsi Papua Barat Melkias Werinussa SH.,MH. mengatakan Forum OPD ini memiliki arti yang sangat penting, sebab melalui forum ini seluruh OPD dapat melakukan Penajaman, Penyelarasan dan Klarifikasi sehingga tercapai kesepakatan terhadap Rancangan Renja OPD Provinsi Papua Barat Tahun 2023.

Tidak hanya itu untuk mendukung Keberhasilan Penyelenggaraan Progran dan Kegiatan baik yang Bersumber dari APBD maupun APBN, maka perlu untuk memantapkan dan Mengkoordinasikan Penyelenggaraan Perencanaan Pembanguanan Daerah sebagai terlaksananya Forum OPD pada kegiatan ini.

Werinussa menyampaikan usulan-usulan program kegiatan tidak hanya sebatas dikoordinasikan antar unit kerja saja, tetapi juga diintegrasikan ke dalam kerangka makro pembangunan Provinsi Papua Barat dan Sasaran Prioritas Pembangunan.

Selanjutnya Ketua Panitia pelaksana kegiatan Leonel R. Koirewoa, SE.,M.Si mengatakan Forum OPD merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat san pemangku kepentingan, untuk itu penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Remcana Kerja (Renja) OPD.

Output yang diharapkan dari forum OPD yaitu Terlaksananya Forum OPD Provinsi Papua Barat yang memuat pandangan dan pertimbangan mengenai arah kebijakan dan program prioritas pembangunan daerah serta rumusan usulan program prioritas dan kegiatan yang berpihak pada masyarakat serta Adanya rumusan RKPD tentang arah dan kebijakan prioritas Pembanguan Daerah.

Peserta forum OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Bapeda Kabupaten/Kota dengan pelaksanaan kegiatan pada tanggal 21-22 April 2022. [kpb_03]

Leave a Comment