Gubernur Dominggus Mandacan Letakan Batu Pertama Vihara Budha di Bintuni

Bintuni, Gubernur Drs. Dominggus Mandacan bersama rombongan dari Manokwari tiba di Kabupaten Teluk Bintuni pada Kamis, (31/03/2022) untuk mengikuti kegiatan peletakan batu pertama Vihara Budha Vamsa di Taman Kota Kabupaten Teluk Bintuni.

Hadir pula dalam agenda tersebut, Plt. Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI, Nyoman Suriadarma, Ketua Umum SAGIN (Shangha Agung Indonesia) Y.M. Bhikkhu Khemacaro Mahathera. Tidak ketinggalan, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni turut menyempatkan hadir.

Dirjen Bimas Buddha Kementerian RI yang turut memberikan sambutan pada kegiatan itu berharap umat Budha yang ada di Kabupaten Teluk Bintuni juga harus memberikan sumbangsi budaya yang baik bagi masyakarat maupun Pemerintah, meskipun jika dihitung secara kuantitas, jumlah umat Budha di Teluk Bintuni tidak begitu banyak.
” sifat keberagaman akan menjdi kearifan lokal yang sangat menumbuhkan nilai-nilai kerukunan. Dengan kehidupan toleransi tinggi akan bisa mewujudkan cita-cita dalam membangun rumah Vihara. Dengan dukungan ini, saya percaya, Vihara akan cepat terbangun” ujar Nyoman.

Melengkapi sambutan itu, Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, MSi juga menyampaikan bahwa dengan hadirnya di Kabupaten Teluk Bintuni merupakan bentuk dukungan Pemerintah kepada seluruh lapisan masyarakat, tidak melihat suku, agama, maupun ras,
“Pemerintah Provinsi Papua Barat telah menganggarkan sejumlah dana untuk mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan dari semua umat bergama baik itu secara fisik maupun non-fisik. Ini wujud dari kepedulian Pemerintah di tengah-tengah umat. Hari ini Gubernur hadir untuk letakan batu Pembangunan Vihara Vamsa, berarti Gubernur juga punya tanggung-jawab” lugas Dominggus.

Pembangunan Vihara Vamsa akan menjadi Vihara pertama yang berdiri di Kabupaten Teluk Bintuni. (kpb_02)

Leave a Comment