Pemanfaatan SIDASSKEN Mendukung Percepatan Perencanaan Pembangunan di Papua Barat

KOTA SORONG – Sistim Informasi Data Sektoral Satu Noken (Sidassken) menjadi wali data yang dapat menghimpun segala informasi di pemerintah Provinsi Papua Barat. Sistim dimaksud segoiyahnya dapat diperuntukan mendukung percepatan perencanaan pembangunan di daerah.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Papua Barat, Frans P. Istia,S.Sos.,MM memaparkan tujuan hadirnya aplikasi Sidassken adalah mengintegrasikan data seluruh organisasi perangkat daerah. Disamping itu dapat menginput program dan kegiatan masing-masing OPD yang telah direalisasikan.

“Saat ini kita sedang mengerjakan bagaimana data sektoral pemerintah daerah bisa diperuntukkan mempercepat tata kelola pemerintahan, terutama dalam hal perencanaan pembangunan daerah. Untuk itu kita membangun sebuah aplikasi yang terintegrasi untuk semua organisasi perangkat daerah bisa mengisi data apa saja yang sudah dikerjakan pada portal yang tersedia,” Beber Kadis Kominfo Perstatik Papua Barat, Senin (14/3/2022).

“Sementara jalan, tinggal menu-menu yang ada di portal Sidassken itu kita kolaborasi. Begitu juga data makro yang ada di Bapeda sudah bisa kita integrasikan masuk,” Tambahnya.

Kadis menambahkan tahun 2022 akan dibagikan server untuk integrasi Sidassken ke Kabupaten/Kota se-Papua Barat. Diingatkan pula bersamaan jalannya portal dilakukan pengecekan kelemahan demi meningkatkan kualitas.

Selain itu secara bertahap akan dibangun gedung teknologi informasi yang representatif sesuai usulan kebutuhan tiap daerah dan utamanya kondisi anggaran.

“Tentunya aplikasi yang sudah kita bangun ini sambil jalan dibenahi kelemahan. Begitu juga apa yang ditawarkan kita bahas secara transparan,” Imbuhnya.

“Ini semua percepatan yang kita lakukan karena jalan tol (infrastruktur) harus dibangun,” Tandasnya. [kpb_01]

Leave a Comment