Rakor Tahun 2022, Gubernur Papua Barat Harap Kesbangpol Garda Terdepan Perkokoh Nilai Persatuan

SORONG SELATAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua Barat melangsungkan agenda rapat koordinasi 12 Kabupaten dan 1 Kota. Rapat telah dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli, Rabu (9/3/2022).

Kegiatan penting tersebut mengusung tema Melalui Rapat Koordinasi Kita Tingkatkan Sinergitas Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mensukseskan Pemilihan Anggota MRP-PB Periode 2022-2027 dan Persiapan Pengangkatan DPRP/DPRK.

Bupati Kabupaten Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan menjelaskan momen ini sangatlah penting dalam rangka mencapai hasil maksimal sesuai program kegiatan yang direncanakan. Selain itu demi suksesnya turut dipengaruhi arah kebijakan jangka pendek, menengah maupun panjang.

“Oleh karena itu aparat Kesbang diberi tanggungjawab sebagai garda terdepan dalam melakukan langkah konkrit untuk memperkokoh nilai-nilai persatuan sebagai amanat undang-undang dasar 1945. Disamping itu juga, rapat koordinasi dimaksud dalam rangka sinergitas, keselarasan tuga pokok dan fungsi Kesbangpol secara menyeluruh,” Ucap Bupati Kabupaten Sorong Selatan.

Sekertaris Panitia Rakor Kesbangpol Se-Papua Barat Tahun 2022, Fredy Pata,SE juga melaporkan tujuan terselenggaranya kegiatan ini sebagai wujud sinergitas tugas pokok dan fungsi Badan Kesbangpol secara berkesinambungan mulai dari pusat hingga daerah.

Selain itu untuk mencermati kondisi dan perkembangan kehidupan masyarakat sesuai dengan kemajuan teknologi dan solusinya. Selanjutnya terlaksana sosialisasi PP nomor 106 tahun 2021 Bab II tentang pengisian anggota DPRP/DPRK yang diangkat dalam unsur Orang Asli Papua serta petunjuk teknis pemilihan anggota MRP Papua Barat.

“Jumlah peserta yang mengikuti Rapat Koordinasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Se-Papua Barat berjumlah 72 orang,” Tambah Sekertaris Panitia.

Turut hadir dalam acara pembukaan Wakil Bupati Sorong Selatan, Sekda Sorong Selatan, Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, beserta forkopimda. Teknis rapat juga tetap mengutamakan protokol kesehatan covid-19. [kpb_01]

Leave a Comment