Jadwal Pelantikan Bupati/Wabup Teluk Bintuni Masih Komunikasi Bersama Ditjen Otda

MANOKWARI- Setelah melalui sejumlah tahapan, setidaknya 8 dari 9 pasangan Bupati/Wakil Bupati terpilih Pemilukada serentak 2020 di Provinsi Papua Barat telah dilantik oleh Gubernur, Drs. Dominggus Mandacan.

Diuraikan kembali pelantikan Bupati/Wakil Bupati terpilih pada tahap pertama diantaranya Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan Raja Ampat pada 26 Februari 2021. Selanjutnya pada tahap kedua, Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan kembali melantik Bupati/Wakil Bupati Kaimana, Fak-Fak dan Sorong Selatan tanggal 26 April dan Kabupaten Teluk Wondama Kamis kemarin.

Saat ini hanya pasangan Kepala Daerah terpilih Kabupaten Teluk Bintuni yang menunggu jadwal pelantikan. Menurut penjelasan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Papua Barat, Agustinus M. Rumbino, alasan belum diadakan pelantikan karena masa jabatan pimpinan daerah Teluk Bintuni baru akan berakhir pada 17 Juni 2021.

“Akhir masa jabatan teluk Bintuni 17 Juni, sehingga setidaknya 1 hari sesudah berakhir masa jabatan dan atas seijin Mendagri bisa kita Lantik,” Beber Kepala Biro Pemerintahan dan Otda, Agustinus M. Rumbino, Kamis (06/5/2021).

Rumbino juga mengakui Surat Keputusan (SK) telah ada, namun pihaknya terus berkoordinasi bersama Direktorat Jenderal Otonomi Daerah tentang hal dimaksud.

“SK sudah ada tetapi harus menunggu masa jabatan berakhir dulu. Kami akan berkoordinasi dengan Kementerian, dalam hal ini Ditjen Otonomi Daerah untuk menyampaikan terkait rencana pelantikan,” Tandas Agustinus M. Rumbino. [kpb_01]

Leave a Comment