Wagub Lakotani Tekankan Sinergitas dan Koordinasi Pasarkan Produk Kerajinan

MANOKWARI- Provinsi Papua Barat memiliki banyak kekayaan yang patut digenjot, salah satunya melalui kerajinan yang berasal dari 12 Kabupaten dan 1 Kota.

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani menyampaikan dukungan pemerintah terhadap publikasi kekayaan alam daerah terus dilaksanakan.

“Ini potensi dan kekayaan kita sesuai karakteristik dan budaya masing-masing di Papua Barat. Kalau kemudian dikelolah dan dikoordinasikan dengan baik, potensi diangkat menjadi kekayaan yang luar biasa,” Beber Wakil Gubernur Lakotani, saat pelantikan Ketua Dekranasda Kabupaten Teluk Wondama, (06/5/2021).

Sebagai wadah dalam menghimpun para perajin, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Papua Barat dan Kabupaten/Kota memiliki andil besar untuk mempromosikan karya masyarakat. Tidak hanya itu, OPD terkait turut memberikan kontribusi dalam menunjang berlangsungnya kemajuan organisasi.

“Oleh karena itu Dekranasda punya peran disitu, bagaimana kekayaan alam dan budaya kita ini bisa dipromosikan sedemikian rupa memiliki nilai tambah untuk kita. Tadi dalam sambutan Ibu Ketua itu ada OPD yang terlibat punya maksud semua. Dari segi Koperasi bagaimana kerajinan ini bisa terkoordinir, kemudian bisa dibiayai oleh UMKM. Kemudian dari segi Perdagangan agar bagaimana ini bisa dikenal atau diketahui oleh orang-orang luar,” Urainya.

Ditambahkan Wagub, selain meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), terdistribusinya hasil kerajinan dapat meningkatkan kesejahteraan. Kesempatan yang baik ini sekiranya dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

“Disamping meningkatkan PAD, perajin juga bisa mendapat manfaat. Saya kira ini sebuah kesempatan yang baik, awal yang baik untuk sinergi sehingga seluruh potensi kita bisa dikelolah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Tandas Wagub [kpb_01]

Leave a Comment