Ketua Dekranasda Kab. Kaimana, Fak-fak, Sorsel Resmi Dilantik

MANOKWARI- Ketua Dewan Kerajinan Daerah Provinsi Papua Barat, Ny. Yuliana Mandacan kembali melantik para Ketua Dekranasda Kabupaten Kaimana, Fak-fak dan Sorong Selatan. Proses pelantikan dipusatkan pada Aula Gedung PKK Papua Barat, Selasa (27/4/2021).

Dewan Kerajinan Nasional Daerah merupakan lembaga independen dan nirlaba. Selanjutnya sebagai wadah berhimpun segenap pemangku kepentingan dibilang seni kerajinan, dalam melaksanakan tugas fungsi mitra pemerintah untuk menggali, melindungi, membina serta mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa demi kesejahteraan masyarakat.

“Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota dilantik oleh Ketua Dekranasda Provinsi. Sedangkan pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota disahkan dengan keputusan Ketua Dekranasda Provinsi,” Ujar Ketua Dekranasda Papua Barat, Ny. Yuliana Mandacan.

Lebih lanjut disampaikan Yuliana, menyusun kepengurusan tingkat Kabupaten/Kota wajib dilakukan agar dapat segera diteruskan setingkat provinsi. Penyusunan program jangan panjang lima dan jangka pendek 1 tahun perlu diperhatikan agar disesuaikan bersamaan dengan Pusat dan Provinsi.

Tahun 2021, Dekranasda Papua Barat juga akan menjalankan program pengumpulan hasil kerajinan yang menunjukan ciri khas semua daerah di Papua Barat.

“Kita harus bekerjasama saling sinergitas dan koordinasi antara Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota agar hasil pembinaan sesuai program yang telah dibuat kepada para perajin dapat berjalan dengan baik dan semaksimal mungkin,” Harapnya.

“Pada tahun ini pula, Dekranasda Papua Barat akan melaksanakan program pengumpulan hasil kerajinan yang menunjukan ciri khas daerah masing-masing Kabupaten/Kota se-Papua Barat. Akan ditampilkan pada Galeri Dekranasda Papua Barat sebagai ikon kerajinan. Dukungan dari Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota yang baru dilantik untuk bisa mempersiapkan produk-produk kerajinan,” Tutup Ny. Yuliana Mandacan. [kpb_01]

Leave a Comment