Buka Rakor & TOT Prosppek Otsus, Wagub Lakotani : Pemerintah komitmen tingkatkan taraf hidup masyarakat

MANOKWARI- Rapat Koordinasi dan Training of Trainer (TOT) Prosppek Otonomi Khusus dengan melibatkan Kementerian/Lembaga terkait, serta para Bupati/Walikota se-Papua Barat telah berlangsung. Agenda kegiatan Rakor Prosppek Otsus dibuka Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, Selasa (27/4/2021), bertempat pada salah satu hotel di Manokwari.

Dijelaskan Wagub Lakotani, Pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Hal ini telah dan terus diupayakan melalui intervensi di semua sektor, baik kesehatan, pendidikan, pengembangan ekonomi, kesejahteraan serta penunjang lainnya.

“Upaya yang telah dilakukan ini sudah menunjukan hasil dimana Index Pembangunan Manusia serta Pertumbuhan Ekonomi Papua Barat mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Perlu kita sadari juga bahwa Papua Barat memulai upaya peningkatan kesejahteraan mulai dari titik start yang jauh lebih rendah dibandingkan wilayah lain di Indonesia,” Beber Wagub Papua Barat, Mohamad Lakotani dalam sambutannya.

Dirinya menambahkan, upaya yang telah dilakukan belum mencapai titik akhir, melainkan lebih ditingkatkan.

Diakui, Pendemi covid-19 yang berlangsung hingga saat ini sangat berpengaruh serta menahan perkembangan Ekonomi dan Index Pembangunan Manusia (IPM) Papua Barat. Oleh sebab itu lebih ditekankan agar bekerja cerdas, fokus, inovatif sekira dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat terkusunya bagi Orang Asli Papua.

“Tugas kita untuk membangun tentu belum selesai dan belum berpuas diri dengan pencapaian saat ini, terutama karena ditengah pandemi covid-19 yang menahan laju perkembangan IPM dan Ekonomi Papua Barat tahun 2020. Kami menyadari di era pandemi ini perlu bekerja dengan lebih cerdas, fokus serta inovatif guna dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, Terutama orang asli Papua,” Tandasnya.

Para narasumber yang turut mengambil bagian sambungan virtual maupun secara langsung antara lain Sekjen Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Taufiq Madjid., S.Sos, M.Si, Unit Manager Human Development Section Kedutaan Australia Astrid Kartika, Kasubdit Papua dan Papua Barat Kementerian PPN/Bappenas Arumningsih, Kasubdit Papua dan Papua Barat Dirjen Otda Mendagri Budi Arwan, Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat George Dedaida, Kabid Perencanaan Otsus Bappeda Papua Barat Legius Wanimbo, serta Tim Leader KOMPAK Anna Winoto. [kpb_01]

Leave a Comment