Pj.Gubernur Ali Baham Hadiri Safari Ramadhan dan Sampaikan Antisipasi Krisis Pangan Diprediksi Badai Elnino Juli Mendatang

MANOKWARI SELATAN-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere, MTP, bersama Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) provinsi Papua Barat, melaksanakan Safari Ramadhan di Kabupaten Manokwari Selatan, Distrik Oransbari, tepat pada Masjid Baitul Kautsar, rabu, ( 20/ 03/2025 ).

Dalam kesempatan itu, Pj. Gubernur Ali Baham, menyebut bahwa maksud Safari Ramadhan merupakan momentum untuk bertemu, saling menyapa dan bertukar informasi antara para Ulama, Pemerintah Daerah dan Jamaah ataupun Masyarakat.

“Tidak ada daun yang bergerak tanpa sebab, pasti ada angin. Tidak ada pergerakan tanpa sebab, semua pergerakan pasti ada maksud dan tujuannya. Oleh karena itu, Safari Ramadhan kali ini yang dilaksanakan dalam momentum bulan suci Ramadhan, dengan maksud untuk kita saling betermu dengan kaum muslumin dan muslimat untuk saling berbagi informasi dan saling mengenal satu dengan yang lain,”tutur Pj. Gubernur Ali Baham.

“Tentunya selaku Pj. Gubernur Papua Barat, saya telah bertugas empat bulan setelah dilantik pada bulan november dan ini yang ke dua kalinya saya berkunjung ke sini,”tambahnya.

Selain itu, orang nomor satu di provinsi Papua Barat ini juga mengajak pemerintah dan jamaah masjid maupun masyarakat Mansel, untuk bersama menggiatkan penanaman padi maupun pangan lokal dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur maupun pekarangan rumah.

Ajakan Pj. Gubernur itu, dalam rangka mengantisipasi krisis pangan, terlebih mengantisipasi badai Elnino Gorila yang diprediksikan hendak terjadi di bulan juli mendatang.

“Ada informasi penting hari ini, kita akan hadapi bulan juli yang diprediksi terjadi badai Elnini Gorila, yaitu panas yang bekerpanjangan yang bisa menyebabkan terjadi kekeringan. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini, saya mengajak pemerintah dan masyarakat kabupaten Mansel untuk mulai hari ini kita giat menama padi dan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menjaga ketahanan pangan sehingga kita bisa mengantisipasi stok pangan dalam kondisi tersebut,”Ujar Pj. Gubernur Ali Baham.

Ketua MUI provinsi Papua Barat, H. Ahmad Nasrauw, dalam sambutannya mengatakan, momentum Safari Ramadhan merupakan momentum untuk mempererat tali silaturahmi antara para Ulama dan Jamaah di seluruh wilayah provinsi Papua Barat dan merupakan sebuah dedikasi para ulama.

“Atas nama MUI Papua Barat, kami sampaikan terima kasih kepada bapak Pj. Gubernur Papua Barat. Safari Ramadhan ini adalah merupakan wujud dari sebuah dedikasi yang baik dari para Ulama kepada para jamaah,”singkatnya.

Wakil bupati Manokwari Selatan, Wempi Wely Rengkung, dalam kesempatan itu juga menyambut hangat kunjungan rombongan Pj. Gubernur Ali Baham bersama MUI Papua Barat.

“Atas nama pemerintah kabupaten Manokwari Selatan, kami mengucapkan selamat datang kepada bapak Pj. Gubernur Papua Barat beserta rombingan di kabupaten Manokwari Selatan. Tentunya ada banyak hal yang kita harapkan dari pelaksanaan Safari Ramadhan ini, kita boleh mensyukuri berkat dan nikmat Tuhan,”singkatnya.

Ketua Panitia, Mohamad Lakotani, dalam laporan singkatnya menyampaikan, bahwa Safari Ramadhan telah memasuki hari ketiga yang dilaksanakan di kabupaten Manokwari Selatan, distrik Oransbari. Dimana tujuan dari Safari Ramadhan sendiri adalah berniat untuk mempertemukan Jamaat dengan para Ulama, tetapi juga Jamaah atau masyarakat dengan pemerintah daerah.

“Safari Ramadhan 1445 hijriah 2024 M. adalah hari yang ke tiga setelah resmi dibuka oleh bapak Pj. Gubernur pada dua hari yang lalau. ini adalah kegiatan rutin tahunan. Niatnya adalah mempertemukan kita dengan jamaah dan para ulama tapi juga pemerintah,”ungkapnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, pimpinan OPD lingkup pemprov Papua Barat serta perwakilan Forkopimda Papua Barat yang dihadiri oleh Forkopimda kabupaten Mansel.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment