Tinjau Pasar Murah, Pj. Gubernur Ali Baham : Ini Jadi Referensi Stabilitas Pasokan Harga Pangan

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, menghadiri dan memantau langsung pasar murah, yang berlangsung digelar dinas Ketahanan Pangan provinsi Papua Barat di komplek perkantoran Arfai, rabu, ( 06/03/2024 ).

Mencermati dinamika harga pangan pokok strategis dalam upaya pengendalian inflasi dan ketersediaan bahan pangan menjelang HBKN ( hari besar keagamaan nasional ) puasa dan idul fitri tahun 2024 dinas Ketahanan Pangan bersinergi dengan para distributor, pelaku usaha, peternak dan kelompok tani, melaksanakan pasar murah.

Pj. Gubernur Ali Baham, pada kesempatan itu berharap, gerakan pangan dapat menjadi referensi dinas maupun steck holder terkait, untuk dapat melaksanakan stabilitas pasokan dan harga pangan di tengah masyarakat.

“Perlu saya sampaikan pada kesempatan ini, angka inflasi kita pertanggal 1 maret, masih berada di posisi yang dikategorikan rawan, bukan menurun tapi meningkat,”ungkap Pj. Gubernur Ali Baham.

“Beberapa komoditas yang menjadi penyumbang angka inflasi adalah beras, bawang putih, ikan cakalang, sayur bayam, kalau bawang putih dan beras memang kurang karena produk dari luar, tapi produk dari Manokwari ini,”imbuh Pj. Gubernur Ali Baham.

Kepala dinas Ketahanan Pangan provinsi Papua Barat, Lasarus Ullo, dalam kesempataj itu, menyebut pasar pangan murah sebagai bentuk awal dari rencana pelaksanaannya disetiap wilayah Manokwari.

“Tahun ini kita dipercayakan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Badan Pangan nasional, untuk melaksanakan pasar murah ini. Pasar murah ini juga akan disusul pelaksanaanya diberbagai wilayah ibu kota provinsi Papua Barat,”ungkapnya.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment