Pj. Gubernur Papua Barat Bersama Forkopimda Lakukan Pemantauan Pesisir Teluk Sawaibu dan Doreh

MANOKWARI – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Papua Barat diwarnai pemantauan areal perairan. Penjabat Gubernur Drs. Ali Baham Temongmere,MTP didampingi Forkopimda dan sejumlah pimpinan OPD menyusuri pesisir teluk Sawaibu dan Doreh menumpangi Kapal Roro, Rabu (21/2/2024).

Rombongan bertolak dari dermaga Fasharkan TNI-AL Manokwari sekira pukul 10.15 WIT secara perlahan mengamati populasi sampah plastik masih banyak bertaburan di laut. Selain itu kondisi pemukiman warga (rumah panggung) area pesisir juga menjadi atensi khusus.

Ditegaskan Pj. Gubernur Ali Baham kesadaran mengolah sampah rumah tangga harus dipahami secara baik agar tidak membuang ke laut dan mencemari lingkungan serta habitat didalamnya.

“Kita melihat langsung perairan Teluk Sawaibu dan Doreh. Memang indah dan terlihat pemukiman tentunya masyarakat tinggal sudah sejak lama dan kedepannya harus ada kesepahaman bersama mengola sampah rumah tangga, kemudian penataan perumahan disekitar area tersebut. Hasil pantauan sampah rumah tangga banyak masih dibuang di laut,” Ujarnya.

Dikatakan pengelolaan sampah yang baik juga akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi keluarga. Sehingga pihaknya secara berjenjang bersama semua stakeholder bakal bergerak menangani hal ini.

“Hari peduli sampah nasional perlu ada komitmen bersama baik pemerintah, masyarakat TNI-POLRI secara berjenjang dan sistematis bergerak tangani sampah. Kita berharap tidak hanya menjadi masalah tetapi juga peluang meningkatkan ekonomi masyarakat,” Tandasnya.

Turut mendampingi Staf ahli Gubernur, para Asisten, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Kepala BRIDA, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kadis Kominfo Persatik, Kepala Biro Pemerintah, Plt. Kadis Perhubungan, Plt. Kepala Bapenda dan Plt. Karo Administrasi Pimpinan Setda Papua Barat.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment