Silaturahmi Pj. Gubernur Ali Baham Bersama Pemda FakFak dan Saksikan Penyerahan NPHD KPU-Bawaslu

FAKFAK- Setelah melakukan peninjauan dari bandar udara Siboru yang berlangsung sekitar pukul 16 :00 WIT, jumat, (10/11/2023 ), Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, M.TP, dalam kunjungan kerjanya di kabupaten FakFak, berlanjut pada hari yang sama, yaitu dengan kegiatan silaturahmi bersama pemda kabupaten FakFak dan Forkopimda Papua Barat, sekitar pukul 20.00 WIT, pada Winther Tuare.

Pada Acara itu, Pihak pemda menandatangani dan menyerahkan naskah perjanjian hibah daerah ( NPHD ), kepada Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) dan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) kabupaten FakFak, yang disaksikan langsung Pj. Gubernur Temongmere.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Temongmere, mengatakan, bahwa pihaknya sebagai wakil pemerintah pusat di daerah tugas penting yang saat ini harus terlaksana adalan pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrem dan penurunan angka prevalensi stunting.  Selain itu, yang tak kala penting yakni mensukseskan pemilu 2024.

“Tentunya kami diberikan tugas dan tanggung jawab sebagai wakil pemerintah pusat di daerah yang bertugas melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan umum, mengawasi tertib administrasi pemerintahan di seluruh kabupaten se-Papua Barat. Hal lain yang menjadi penting tugas untuk suksesnya pemilu,”ungkapnya.

Menurutnya, kepastian anggaran bagi penyelenggara pemilihan umum ( Pemilu ) seperti Komisi Pemilihan Umum ( KPU )  dan Badan Pengawas pemilu ( Bawaslu ) merupakan salah satu kunci kesuksesan pemilu.

“Kami berharap, anggaran untuk pemilu melalui KPU dan Bawaslu, sudah dipastikan ada. Tentunya ini menjadi perhatian yang serius, bahwa awal untuk mensukseskan pemilu 2024 adalah kepastian anggaran,”ungkap Pj. Gubernur Temongmere.

Diketahui bahwa berdasarkan laporan yang diterima pihak penjabat Gubernur Papua Barat, kabupaten FakFak dan kabupaten Teluk Wondama yang belum merealisasikan NPHDnya.  Namun kabupaten FakFak telah menyerahkan NPHDnya, sehingga kabupaten Teluk Wondama yang belum menyerahkan NPHDnya.

Hadir dalam cara silaturahmi, Forkopimda Papua Barat dan kabupaten, pimpinan OPD lingkup Pemprov Papua Barat dan kabupaten kabupaten FakFak.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment