Hari ini Para Delegasi 8 Provinsi Peserta Fordasi Tiba Di Manokwari

MANOKWARI-Hari ini selasa (26/09/2023 ), Pemerintah provinsi Papua Barat selaku tuan rumah Rapat Koordinasi ( Rakor ) Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia ( Fordasi ), menyambut sejumlah tamu baik dari pusat maupun tamu delegasi provinsi peserta Fordasi.

Dari pantauan Media Diskominfo Papua Barat, Pj. Gubernur Papua Selatan, Dr. Ir. Apolo Safanpo ST., MT, tiba dibandara rendani sekitar pukul 8 : 40 WIT. Menjelang beberapa menit kemudian, tiba pula delegasi pemprov DKI Jakarta, yakni Kepala Biro Pemerintahan Setda DKI Jakarta, Fredy Setiawan.

Selain itu, pemprov Papua Barat juga menyambut kedatangan Paniradiya Pati, Daerah IstimewanYogjakarta, Aris Eko Nugroh, beserta rombongan. Panaridaya Pati merupakan jabatan setara sekda, pada kerajaan Kesultanan Ngayogjakarta Hadiningrat.

Sejumlah tamu tersebut disambut oleh para pejabat lingkup pemprov Papua Barat dengan tarian adat sanggar tari iriantos, prosesi pemberian mahkota dan injak piring.

Berdasarkan informasi yang di himpun Hingga berita ini diturunkan, para delegasi masih terus berdatangan. Para pejabat delegasi dari provinsi Se-tanah Papua, juga dikabarkan telah tiba di Manokwari pada H-1 pelaksanaan Fordasi.

Fordasi, adalah forum yang dibentuk secara Nasional oleh negara untuk mewadahi daerah-daerah desentralisasi, seperti Provinsi Aceh, provinsi DKI Jakarta, provinsi daerah istimewa Yogjakarta dan enam provinsi se-tanah Papua, yaitu provinsi Papua Barat sendiri selaku tuan rumah Fordasi tahun 2023, provinsi Papua, provinsi Papua Barat Daya, provinsi Papua Selatan, provinsi Papua Pegunungan dan provinsi Papua Tengah. Tujuan dari rakor Fordasi adalah untuk melakukan kordinasi terkait isu pembangunan.

Penulis : Simon Patiran.

Leave a Comment