Pimpin Apel Senin Pagi, Pj. Gubernur Waterpauw Ajak ASN Pemprov Papua Barat Sukseskan Momen Fordasi

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. ( Purn ) Drs. Paulus Waterpauw, M. Si, memimpin apel gabungan ASN pemprov Papua Barat, senin ( 25/09/2023 ), yang berlangsung digelar pada halaman kantor Gubernur Papua Barat di Arfai. Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Waterpauw secara resmi membuka Forum Desentralisasi Asimetris  Indonesia provinsi Papua Barat tahun 2023, yang ditandai dengan menekan tombol sirene.

“Hari ini senin tanggal 25 september 2023, dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, saya membuka acara pameran pembangunan dalam rangka Fordasi tahun 2023,”ucap Pj. Gubernur Waterpauw.

Dalam amanatnya, Pj Gubernur Waterpauw mengajak seluruh apartur sipil negara ( ASN ) di lingkup pemprov Papua Barat, untuk ikut berpartisipasi dalam momen pelaksanaan Fordasi. Kata orang nomor satu di Papua Barat ini, bahwa Fordasi merupakan wadah untuk menuangkan buah pikir menyangkut potensi dan berbagai rencana kerja pembangunan serta capaian-capaian yang ada di provinsi Papua Barat.

“Kita bersyukur Papua Barat diberikan amanah untuk menjadi tuan rumah. Yang seharusnya saudara-saudara kita di Papua yang menjadi tuan rumah dari jadwal sebelumnya. Itu kepercayaan buat kita, ketika ada amanah diberikan kepada daerah kita. Oleh karenanya saya sangat berharap keikut sertaan kita semua, dalam menuangkan pikiran dan hal baik, harapan baik dari orang tua kita, agama, perempuan para pemuda yang mempunyai konsep-konsep yang baik ayo matri kita tuangkan. Sehingga buah-buah pikir dalam menjalin kerjasama dalam tersalurkan. Kita di Papua ada enam provinsi oleh sebab itu kita harus berbagi pikiran,”ujar Pj. Gubernur Waterpauw.

Berpikir untuk membangun daerah dalam memiliki rencana program jangka panjang, sebagai bagian dari amanat yang disampaikan ketua Asosiasi Kepala Daerah se-tanah Papua ini. Hal ini semata demi mewujudkan target kemajuan provinsi Papua Barat yang kedepan dapat mengikuti arus globalisasi.

“Kita harus berpikir dalam membangun daerah ini secara jangka panjang. Potensi yang kita punya, kita juga harus persiapkan itu, untuk menerima arus globalisasi. Momen Fordasi ini, kita manfaatkan ruang ini untuk melihat pentingnya sebuah forum yang mana kita juga bisa duduk bicara untuk pandangan-pandangan ekonomi, apa yang mereka perlukan dari kita dan apa yang kita perlukan dari mereka,”tambah Pj. Gubernur Waterpauw.

Usai apel, Pj. Gubernur yang didampingi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) dan para pejabat lainnya di lingkup pemprov Papua Barat, berkesempatan memantau langsung stan pameran di sekeliling lapangan apel.

Di ketahui, puncak acara Fordasi provinsi Papua Barat tahun 2023, akan dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri RI. Akan hadir pula sejumlah deputi dari Kemendagri RI untuk menjadi pembicara dalam Fordasi serta para kepala daerah dan gubernur enam provinsi di tanah Papua, yang merupakan daerah otonomi khusus, termasuk provinsi Aceh  dan beberapa daerah khusus lainnya di Indonesia.

Penulis : Simon Patiran.

Leave a Comment