Pangdam XVIII/Kasuari Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci Peringati HUT RI Ke-78

MANOKWARI – Apel Kehormatan dan Renungan Suci mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan telah berlangsung di Taman Makam Pahlawan, Rabu (16/8/2023) dimulai sekira pukul 23.50 WIT.

Pantauan media Diskominfo, Penjabat Sekda Papua Barat, Dance Sangkek hadir didampingi sejumlah pimpinan OPD Papua Barat. Selain itu Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor dan Kepala Suku Besar Arfak, Drs. Dominggus Mandacan juga menghadiri momen penting itu.

Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI. Gabriel Lema,S.Sos bertindak selaku Inspektur, membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

“Kami yang hadir pada hari ini Rabu 16 Agustus 2023, pukul 23.55 WIT, pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan. TNI pahlawan 25 orang, Pegawai Sipil 4 orang, Pahlawan tidak dikenal 102 orang,” Ucap Pangdam XVIII Kasuari.

“Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” Sambungnya.

 

Seluruh peserta kemudian mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur upacara. Momen sakral tersebut ditutup dengan doa.

Apel kehormatan dan renungan suci akhirnya berlangsung dengan penuh hikmat dan lancar. Para personil yang terlibat berasal dari Kodam XVIII Kasuari, Polda Papua Barat, Fasharkan TNI Angkatan Laut, Brimob, dan Korsik.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment