Semarak Gernas BBI dan BBWI Papua Barat, Pameran Produk UMKM Dijadwalkan Selama 3 Hari

MANOKWARI – Progres Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) untuk Papua Barat telah ditetapkan puncaknya pada 10 Mei 2023 mendatang sesuai hasil  koordinasi bersama Pj. Gubernur Waterpauw. Acara tersebut awalnya dirangkai dengan pameran produk UMKM pada 8-9 Mei rencana dipusatkan pada lapangan Borarsi.

Rapat seksi pameran UMKM yang berlangsung di Kantor KPw Bank Indonesia Papua Barat telah membahas sejumlah hal mengenai kesiapan dan dukungan partisipasi masyarakat serta pelaku usaha, Jumat (28/4/2023).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat, Rommy S. Tamawiwy menjelaskan hasil yang telah disepakati akan ditindaklanjuti oleh OPD teknis terutama yang memiliki urusan dengan pelaku UMKM. Nantinya semua masyarakat akan disuguhkan beragam produk UMKM unggulan disertai kemudahan akses transaksi digital menggunakan QRIS.

“Ini menjadi bagian apa yang harus dipersiapkan. Lokasi pameran dan harvesting saat ini masih di Borarsi, pameran tanggal 8-9 dan harvesting tanggal 10 Mei 2023,” Ujarnya.

Lanjut Tamawiwy perhelatan yang akan digelar meriah tersebut menjadi momentum berharga karena Papua Barat menjadi salah satu dari sekian daerah yang terpilih untuk melaksanakan Gernas BBI dan BBWI tahun 2023. Oleh sebab itu sinergitas dan kolaborasi bersama untuk menyemarakan kegiatan dimaksud dapat menambah kemeriahan, disertai antusiasme masyarakat.

Selain UMKM, ada pula potensi pariwisata Papua Barat turut diekspose secara meluas agar menarik minat wisatawan. Hal terpenting dan menjadi sasaran bagaimana masyarakat Indonesia mencintai produk dalam negeri yang dicerminkan melalui produk unggulan daerah.

“Bersyukur tahun 2023 berkat Gernas BBI dan BBWI ada di Papua Barat, ini menjadi kesempatan mendorong UMKM naik kelas sehingga punya jangkauan pemasaran yang luas juga digital. Banyak potensi pariwisata yang bisa kita dorong pada kesempatan ini dan menjadi kesempatan yang tidak boleh kita lewatkan,” Harapnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment