Universitas Papua Wisudahkan 375 Lulusan Periode II T.A 2022-2023, Rektor Paparkan Sejumlah Prestasi

MANOKWARI – Mengusung tema “Universitas Papua menghasilkan sumberdaya manusia cerdas, kompetitif dan mandiri guna menjawab tantangan revolusi industri 4.0” Universitas Papua mewisudakan kembali 375 orang lulusan melalui Rapat Senat Terbuka. Wisuda program Doktoral, Magister, Sarjana dan Diploma periode II Tahun Akademik 2022-2023 digelar secara offline, dipusatkan pada Aula Unipa, Rabu (29/3/2023)

Sambutan tertulis Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn) Drs. Paulus Waterpauw,M.Si dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Mohammad A. Tawakal. Dirinya menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pergeseran pada sektor lapangan kerja dan tuntutan baru dunia kerja harus diantisipasi secara cermat dan akurat.

Harus disadari saat ini masyarakat dan dunia kerja sangat menuntut kualitas lulusan yang siap pakai. Untuk itu peningkatan kualitas harus dilakukan terus menerus karena menentukan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan. Selain itu mahasiswa harus mampu masuk dunia kerja yang menggunakan sistem siber dan teknologi.

“Pemerintah provinsi Papua Barat sangat peduli pada dunia pendidikan, tidak hanya pada fasilitas akademik namun juga fokus pada pengembangan dan kualitas anak didik,” Ujarnya.

Rektor Universitas Papua, Dr. Meky Sagrim,S.P.,M.Si secara pribadi dan mewakili civitas akademika memberikan penghargaan dan ucapan selamat atas keberhasilan wisudawan/i. Lulusan ini merupakan salah satu wujud tanggungjawab Unipa kepad bangsa dan negara Indonesia serta Tanah Papua.

Rektor kemudian memaparkan perkembangan Unipa yang berjalan setiap waktu hingga saat ini dari total 55 program studi, 7 diantaranya telah terakreditasi baik sekali. Tahun 2021 Unipa telah mendapat insentif IKU sebesar 537 juta rupiah. Dari jumlah tersebut telah dilakukan peningkatan kapasitas internet Unipa menjadi 680 Mbps, tersedia gratis bagi dosen, pegawai dan mahasiswa jika diakses 10 ribu pengguna disaat yang sama tidak akan terganggu.

Bidang prestasi mahasiswa, Program Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) Unipa mengalami lompatan yang luar biasa. selain itu tahun 2022 Unipa juga menerima apresiasi sebagai juara I dari Direktorat kekayaan intelektual Kemenkumham RI sebagai PT pengusul dan penerima HAKI terbanyak serta medali perak PTN satker pelaporan PDDikti terbaik.

“Sebelumnya masih banyak yang kita dapat, Simkatmawa kami juga tahun 2019 urutan 867, tahun 2020 setelah 6 bulan menjabat ranking 500an dan 2021 naik menjadi ranking 249 dari 6.400 perguruan tinggi negeri maupun swasta,” Bebernya.

Tahun 2023, pemeringkatan klasterisasi pelayaran dan pengabdiannya kepada masyarakat Universitas Papua naik dari kategori madya menjadi utama. Raihan sejumlah prestasi merupakan kerja bersama dalam mewujudkan proses transformasi dan restorasi Unipa.

“Dengan penuh kebanggaan dan menyerahkan kembali kepada keluarga dan masyarakat dengan doa dan harapan saudara-saudara sukses meniti karier. Selamat berkarya para alumni yang kami banggakan,” Tandas Rektor.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment