Pemprov Papua Barat Canangkan Vaksinasi Booster Ke-2 Bagi Tenaga Kesehatan

MANOKWARI – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Kesehatan telah mencanangkan vaksinasi Booster Ke-2 bagi tenaga kesehatan tahun 2022. Agenda dipusatkan pada halaman salah satu hotel, Senin (8/8/2022).

Sambutan Pj. Gubernur Papua Barat yang disampaikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otsus, Dr. Ir. R. M. Thamrin Payapo MH menjelaskan covid-19 belum berakhir, bahkan secara nasional terjadi peningkatan. Hal tersebut tentu menjadi resiko tenaga kesehatan sebagai ujung tombak dalam proses penanganan kasus.

“Karena merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan yang berisiko tertular covid-19 sehingga perlu diberikan vaksinasi covid-19 dosis booster Ke-2 bagi SDM kesehatan,” Ucap Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Otsus Setda Papua Barat.

Selain itu dipaparkan hanya beberapa daerah di Papua Barat dengan capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 70 persen diantaranya Manokwari, Fak-Fak, Kabupaten Sorong dan Kota Sorong. Disamping itu akibat pandemi covid-19 juga berpengaruh menurunnya imunisasi rutin bagi anak.

“Papua barat cakupan imunisasi dasar lengkap hanya 60% dari target 95%. Kondisi ini akan menyebabkan keadaan luar biasa penyakit-penyakit yang dapat dicegah hanya dengan imunisasi PD3I terhadap anak2. Untuk itu dalam tahun 2022 Bapak Gubernur perlu menginstruksikan kepada Bupati/Walikota agar menggalakan imunisasi anak,” Tambahnya.

Pj. Gubernur menghimbau kepada seluruh masyarakat Papua Barat tidak memandang varian covid-19 sebagai suatu hal yang biasa, melainkan utamakan protokol kesehatan. Selanjutnya saling mengingatkan pentingnya mendapat vaksin dosis primer hingga Booster.

Turut hadir perwakilan Kodam XVIII Kasuari, Polda Papua Barat, Tenaga kesehatan, Masyarakat dan tamu lainnya. [Kpb_01]

Leave a Comment