Pemerintah Ucap Selamat dan Apresiasi Mubes Perdana Suku Besar Mamta Tabi Papua Barat Tahun 2022

MANOKWARI – Kerukunan Keluarga Besar Mamta Tabi Provinsi Papua Barat menggelar musyawarah besar tahun 2022. Acara berlangsung hikmat dan dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Papua Barat mewakili Gubernur, Kamis (28/4/2022), bertempat di Aula Universitas Papua.

Sambutan Gubernur yang disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Papua Barat, Melkias Werinussa SE, MH memaparkan secara berdampingan dengan suku lainnya, keluarga Mamta Tabi telah memberikan kontribusi adalah mendukung upaya pembangunan di Papua Barat. Selain itu secara historis masyarakat Mamta Tabi juga telah mendukung upaya awal pembentukan provinsi Papua Barat.

“Pemerintah Papua Barat sangat mendorong dan mendukung upaya pembentukan lembaga sosial organisasi masyarakat menjadi yang memiliki kapasitas dan dikelola secara baik. Selain pemilihan ketua dan pengurus Mamta Papua Barat, saya juga berharap agar musyawarah besar ini tidak membicarakan hal-hal ekslusif tetapi juga inklusif untuk kepentingan masyarakat Papua Barat,” Jelas Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Papua Barat, Melkias Werinussa SE, MH.

“Papua Barat membutuhkan dukungan dan dari orang-orang yang memiliki tanggungjawab dan rasa kebersamaan. Saya tahu juga itu dimiliki oleh Keluarga Besar Mamta Tabi Provinsi Papua Barat,” Tambahnya.

Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou, S.IP.,MH mengapresiasi langka keluarga Mamta Tabi tetap menjaga serta mendukung upaya pembangunan daerah. Selanjutnya penyelenggaraan Mubes merupakan aktualisasi dan pengakuan keberadaan dalam keberagaman suku di Kabupaten Manokwari.

Harapannya semua berjalan dengan baik agar saling mendorong untuk hal positif di tanah peradaban ini.

“Pemerintah Kabupaten Manokwari berikan apresiasi dan dukungan tetapi juga ucap syukur kepada keluarga Mamta Tabi atas terselengara mubes ini. Setiap suku, bahasa dan bangsa bergerak apa yang datang dari Tuhan dan membangun kebanggaan diri kita. Orang Mamta harus bangga diciptakan dari sukunya,” Ucap Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou,S.IP.,MH.

Selain itu Ketua Panitia, Yance Samonsabra, SH.,M.Si yang juga merupakan senator asal Papua Barat dalam laporannya menyebut agenda ini menjadi kesepakatan sesuai hasil pertemuan beberapa waktu lalu. Acara akan berlangsung selama dua hari 28-29 April 2022 dan untuk perwakilan masing-masing Kabupaten/Kota Se-Papua Barat sebanyak lima orang.

“Mubes digelar berdasarkan rapat tanggal 7 Maret, kerukunan dan usulan dari ketua ikatan Se-Papua Barat menginkan Mamta harus terbentuk di Papua Barat,”

Turut hadir pada pembukaan Mubes Suku Besar Mamta Tabi Papua Barat diantaranya Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE.,M.Si, para ketua dewan adat suku dari Jayapura, perwakilan kepala suku Nusantara, forkopimda serta tamu undangan lainnya. [kpb_01]

Leave a Comment