Kabupaten Pegaf-Papua Barat Diproyeksikan Kawasan Wisata Pegunungan, Akses Telekomunikasi dan Jalan Pendukung Utama

PEGUNUNGAN ARFAK – Akses Telekomunikasi Informasi dan Jalan menjadi modal utama mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Pegunungan Arfak. Bupati Pegaf, Yosias Saroy,SH.,MH optimis daerahnya akan dikembangkan menjadi kawasan wisata pegunungan, Kamis (7/4/2022).

Dijelaskan Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosias Saroy,SH.,MH pada tahun 2023 mendatang direncanakan menggelar festival Danau Anggi untuk lebih memperkenalkan pada dunia Internasional. Menurutnya bukan hanya Danau Anggi yang menjadi potensi wisata karena banyak keunggulan yang menawarkan keindahan panorama alam.

“Kita berharap kalau di di Raja Ampat jadi wisata bahari yang mendunia nanti di Danau Anggi di Kabupaten Pegaf jadi Wisata Pegunungan yang tidak kalah. Akses Komunikasi itu sangat penting dan kita harus persiapkan itu semua supaya bisa pakai sebagai media promosi agar lebih dikenal,” Beber Bupati Kabupaten Pegaf, Yosias Saroy,SH.,MH saat menerima kunjungan Kadis Kominfo Perstatik Papua Barat di kediamannya.

Pihaknya juga berharap tersedia sarana prasarana penunjang diantaranya jalan, jembatan dan lapangan terbang untuk memudahkan akses para wisatawan. Selain itu fasilitas hotel, homestay dan villa juga sangat diperlukan menunjang tujuan dimaksud.

Dikarenakan alokasi APBD yang tidak dapat mewujudkan semua itu, pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak sempat meminta kepada Gubernur Papua Barat agar mengusulkan pembangunan infrastruktur jalan menjadi trans nasional.

“Menuju ke Pegaf ini dari Manokwari titik dari Prafi ke Minyambouw-Anggi-Anggi Gida-Manokwari Selatan. Kemarin Musrenbang kepala Bappeda sudah sampaikan Gubernur sudah bantu mengusulkan ke Kementerian PUPR dijadikan jalan Trans Nasional. Kita punya kemampuan APBD tidak mampu membiayai itu semua,” Tambah Bupati Pegaf.

“Untuk provinsi, kita bisa serahkan ke Dinas PUPR Provinsi karena akses jalan menuju Distrik dan kampung yang terpencar. Dibelakang gunung besar itu semua ada penduduk serta potensi wisata dan butuh akses menghubungkan,” Tandasnya. [kpb_01]

Leave a Comment