Bantuan Tangan Kasih dan Stimulus Untuk Kaimana Disalurkan, Bapok Dapat Tambahan 5 Persen

KABUPATEN KAIMANA- Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan secara simbolis menyerahkan bantuan Bapok, Tangan Kasih dan Stimulus di Kabupaten Kaimana, Senin (01/02/2021).

Diketahui bersama sejak tahun 2020, Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota telah merevisi APBD berkisar 35 sampai 50 persen untuk menangani Pandemi Covid-19. Anggaran tersebut difokuskan dibidang Kesehatan, Jaringan pengaman sosial dan Pemulihan ekonomi.

Untuk keseluruhan jumlah Bahan Pokok di seluruh Papua Barat berjumlah 82.963 paket, 52.317 paket pemberian bantuan Tangan Kasih, dan 4.668 paket bantuan Stimulus bagi UKM.

“Tentunya kita tidak bisa jawab semua dan diharapkan ada sinergi dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menangani Pandemi ini. Ini tahap 3, sudah diserahkan di beberapa daerah pada akhir Desember dan sekarang saya serahkan di Kabupaten Kaimana,” Ucap Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan.

Khusus bantuan bahan pokok yang sebelumnya berjumlah 3.951 paket, kini ditambah 5 persen sehingga total keseluruhan mencapai 4.149 dan disalurkan melalui lembaga keagamaan.

Sementara bantuan Tangan Kasih masih tetap pada data yang sama yakni 4.158 paket. Selanjutnya bantuan Stimulus bagi pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Kaimana sebanyak 350 orang.

“Sebelumnya ada 3.951 paket, tetapi melalui pertimbangan dan data yang diterima ada penambahan 5 persen, 198 paket sehingga total 4.149 paket di Kaimana. 4.158 paket Tangan Kasih bekerja sama dengan pihak perbankan dan terhitung dari bulan April. Tahap 2 itu Juli sampai Desember,” Urainya.

“Yang ketiga kita ada pemberian Stimulus bagi pelaku usaha mikro kecil dan Dinas Koperasi untuk kita bisa mendapatkan data. Tahun 2020 di Papua Barat 4.668 paket, dengan demikian khusus untuk Kabupaten Kaimana ada 350 orang. Ini sekali saja masing-masing sebesar 2 juta rupiah,” Lanjut Gubernur.

Pemerintah Kabupaten Kaimana yang diwakili oleh Wakil Bupati, Ismail Sirfefa mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas kepedulian Pemerintah Provinsi dalam penyaluran sejumlah bantuan. Dirinya juga berharap bantuan tersebut dapat diserahkan dengan tepat sasaran bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kaimana kami mengucapkan selamat datang dan terimakasih yang tak terhingga karena bapak Gubernur sudah memberikan bantuan dengan beberapa agenda. Oleh karena itu dalam pengelolaan kita membutuhkan strategi managemen agar bantuan ini disalurkan bagi yang berhak menerima,” Ucap Wakil Bupati, Ismail Sirfefa.

“Kita harus secara murni, secara jujur dan adil dalam memberikan bantuan sesuai ketentuan-ketentuan yang dicanangkan oleh Pemerintah,” Terangnya. [kpb_01]

Leave a Comment