Gubernur Dominggus Mandacan Sebut Penyaluran Bapok Tahap 3 dan Tangan Kasih Ditargetkan Desember 2020

TELUK BINTUNI- Bencana non alam (Covid-19) telah melanda Dunia, Indonesia dan terkhususnya Provinsi Papua Barat kurang lebih dalam kurun waktu 8 bulan. Selama periode tersebut pemerintah Papua Barat sigap mengambil langkah cepat dan tepat untuk menangani dampak di tengah-tengah masyarakat.

Penanganan nyata yang dilaksanakan pemerintah Provinsi Papua Barat meliputi aspek kesehatan, bantuan kepada masyarakat berupa pemberian jaring pengaman sosial (Bapok), Tangan Kasih dan Stimulus bagi pelaku usaha mikro.

Khusus bagi program jaring pengaman sosial telah selesai dilaksanakan pada tahap pertama dan saat ini sementara berlanjut pada tahap kedua.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan telah menyebut bantuan bahan pokok nantinya masih berlanjut pada tahap ketiga bulan Desember 2020 mendatang.

“Di bulan Desember juga sekaligus akan diserahkan bantuan jaring pengaman sosial atau Bapok tahap 3. Sasarannya sama saja lewat lembaga keagamaan,” Kata Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan saat berkunjung ke Kabupaten Teluk Bintuni, Sabtu (14/11/2020).

“Bantuan Bapok untuk Papua Barat tahap pertama,kedua, ketiga tetap jumlahnya sama yaitu 82.963 paket kepada 12 Kabupaten dan 1 Kota,” Ujarnya.

Selain Bantuan bahan makanan, pekerja formal dan informal sebelumnya telah mendapat bantuan melalui program tangan kasih selama 3 bulan masing-masing sebesar 600 ribu rupiah.

Program itu rupanya masih terus berjalan dalam periode 6 bulan sehingga ditargetkan penyalurannya dapat dilaksanakan pada bulan Desember.

“Salah satu program yang beberapa waktu lalu saya ada disini bersama bapak/ibu yaitu memberikan bantuan tangan kasih pemerintah Papua Barat untuk pekerja formal dan informal. Ada 6 bulan dan 3 bulan sudah kita serahkan, nanti Desember saya ada disini lagi untuk serahkan,” Tandas Gubernur Dominggus Mandacan. [kpb_01]

Leave a Comment