Hadiri Rakornas Pengawasan Penyelenggaraan Pemda di Batam, Pj. Gubernur Ingatkan Pentingnya Tupoksi APIP

BATAM, KEPRI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP menghadiri Rakornas Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Pemutakhiran Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Tahun 2024. Mengusung tema “Pengawasan Berdampak Terhadap Keberlanjutan Program Pembangunan Daerah” para peserta berasal dari Inspektorat seluruh Indonesia, Senin (7/10/2024).

Acara tersebut berlangsung secara tertutup dan dibuka oleh Kepala BPSDM Kemendagri dan dijadwalkan selama dua hari 7-8 Oktober 2024.

Usai mengikuti pembukaan, Pj. Gubernur Ali Baham menyampaikan sesuai arahan pemerintah pusat menekankan pentingnya pengawasan Internal di Pemerintah daerah. Selain itu perlu dipahami keberadaan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).

“APIP Bukan untuk mencari kesalahan tetapi justru mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan secara efektif sehingga terhindar dari pelanggaran hukum,” Ujarnya.

Ditambahkan, peran APIP harus lebih ditingkatkan baik dari segi sumberdaya manusia, penganggaran dan teknis lainnya. Selanjutnya dalam hal pengawasan wajib menjunjung tinggi kejujuran dan transparansi sehingga semua dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Penganggaran dalam hal ini mandatori spending tentang APIP itu harus diperhatikan dengan baik sehingga fungsi APIP lebih optimal, ini arahan yang disampaikan,” Jelasnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment