Pj. Gubernur ABT dan Bupati Manokwari Maknai Peran dalam Film “Sepi Temukan Pagi” Bernilai Ragam Pesan Moral

MANOKWARI – Film layar lebar “Sepi Temukan Pagi” yang diprakarsai Polda Papua Barat bakal mewarnai dunia perfilman tanah air dengan mengangkat potensi daerah. Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP dan Bupati Manokwari juga diberi kesempatan istimewah terlibat peran dalam kapasitas asli dalam jabatan yang saat ini diemban.

Proses shooting yang berlangsung di ruang kerja Pj. Gubernur Papua Barat berjalan lancar meski hanya melewati tahapan persiapan yang minim. Pasalnya secara spontan kedua sosok pimpinan daerah tersebut sangat lihai membangun percakapan, Selasa (23/4/2024).

Dalam adegan yang diperankan, sosok Klemens sebagai kepala kampung dan Yewen menjadi bendahara yang diantar Bupati menemui Gubernur untuk suatu urusan.

Memaknai peran tersebut, menurut Pj. Gubernur Ali Baham, nilai positif yang bakal dipertontonkan kepada khalayak umum menjadi motivasi, edukasi, dan sekaligus pelajaran berharga kepada semua pihak yang memiliki kewenangan mengelola anggaran sesuai aturan yang berlaku.

Hal ini juga sejalan dengan program prioritas masa kepemimpinan Presiden Jokowi dalam kurun waktu 10 tahun telah mengucurkan dana kampung yang sangat besar. Sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat desa.

“Kita semua sepakat yang bekerja baik kita berikan penghargaan yang tentu masih kurang dibina, kalau pelanggaran hukum pasti diproses. Diharapkan dengan pembinaan optimal semua bisa bekerja dengan efektif terhindar dari masalah hukum yang menjerat mereka,” Jelasnya.

Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou, S.IP.,MH juga mengapresiasi film ini, optimis memberikan pembelajaran publik. Disamping itu memberdayakan potensi pemuda asli Papua, sarana mempromosikan potensi daerah dan utamanya sektor pariwisata di Kabupaten Pegunungan Arfak.

“Mudah-mudahan film ini sukses dalam pembuatan dan ditayangkan untuk dinikmati publik. Manfaat film ini juga diharapkan mengedukasi banyak orang untuk makin cerdas jaga alam juga profesional menjalankan tugas,” Urainya.

Sebagai Sutradara, Sukris G. Sianturi menuturkan lokasi utama shooting berlangsung di Kabupaten Pegunungan Arfak dan memamerkan keindahan Danau Anggi. Film Sepi Temukan Pagi itu bergenre Drama Komedi dengan durasi kurang lebih dua jam akan tayang di Bioskop, rencananya sebelum 1 Juli menyambut HUT Bhayangkara.

“Targetnya kita berharap bisa mengangkat sektor wisata Pegaf karena lokasinya di Anggi. Diharapkan juga bisa tayang secara nasional sehingga seluruh pelosok bisa melihat keindahan Papua Barat khususnya daerah Anggi,” Tandasnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment