Pj. Gubernur Ali Baham Serahkan Hibah Pendidikan Provinsi Papua Barat Bagi 4 Sekolah di Fakfak

FAKFAK – Jumat (8/3/2024), Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP didampingi Pj. Ketua TP PKK dan sejumlah pimpinan OPD menyambangi SMAN 01 Fakfak yang merupakan tempat studinya dahulu. Kehadirannya sekaligus menyerahkan Hibah Pendidikan Provinsi Papua Barat kepada empat sekolah.

Dijabarkan Pj. Gubernur Ali Baham, amanat UU nomor 2 tahun 2021 tentang Otsus Papua dan Peraturan Pemerintah (PP) 106/107 telah mengamanatkan kewenangan sekolah dikembalikan ke kabupaten. Akan tetapi dalam sejumlah pembahasan terkait pengelolaan turut menjadi fokus pemerintah Papua Barat untuk memberikan dukungan.

“Sarana prasarana menjadi tanggungjawab APBD kabupaten, tapi bukan berarti provinsi lepas tangan. Selalu mendukung dan tidak tumpang tindih perlunya perencanaan matang,” Jelasnya.

Ditambahkan, guna merealisasikan Indonesia emas 2045 semua aspek wajib melalui tahapan evaluasi. Sebagai lulusan angkatan 1985 pada sekolah tersebut, ia memberi motivasi bahwa kepercayaan sebagai Penjabat Gubernur tentu membuka ruang penilaian bahwa SMAN 01 Fakfak mampu mencetak sumberdaya manusia unggul.

Dirinya menekankan pentingnya sikap menghormati menjadi bekal positif yang dapat ditularkan kepada generasi penerus. Selain itu dengan adanya dukungan hibah berupa peralatan seyogianya menunjang sarana prasarana peserta didik.

“Ini menunjukkan bahwa SMA Fakfak tidak kalah dengan yang lain. Tantangan tentang bagaimana menyongsong Indonesia emas 2045 yang perlu dicapai. Kita yakini dan gantungkan harapan pada Tuhan dan anak-anak tidak berorientasi pada materi. Ini tantangan kita bersama mendidik anak-anak kita kedepan,” Ujarnya memberikan motivasi.

Wakil Bupati Kabupaten Fakfak, Yohana Dina Hindom menyebut ada tanggungjawab secara berjenjang sehingga bersama-sama menopang dengan tujuan peningkatan kualitas SDM. Diulas sejak mengabdi pada Bappeda Fakfak, banyak perencanaan telah dilakukan sehingga pertumbuhan dan keseimbangan daerah dapat terwujud.

“Sebagai pemerintah daerah sampaikan terimakasih karena dukungan fasilitas sarana pendidikan SMA dan SMK di Kabupaten Fakfak sekira dapat dimanfaatin dengan baik untuk anak-anak dapat fasilitas,” Terang Wabup.

Kepala SMAN 01 Fakfak, Ferdinand Hindom menjelaskan hibah pendidikan Pemprov Papua Barat meliputi SMAN 01 Fakfak, SMAS Yapis, SMKS Yapis, dan SMKN 02 Fakfak. Usulan kepala Oj. Gubernur Ali Baham agar kedepannya dapat menunjang pembangunan fasilitas sekolah.

“Harapan saya mudah-mudahan kedepan SMA 1 bisa punya suatu gedung pertemuan khusus. Atas nama 4 sekolah terimakasih Bapak sudah datang dan lihat serta tempat ini juga Bapak pnya sekolah,” Pungkasnya.

Pantauan media Diskominfo Papua Barat selain hibah, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Hj. Siti Mardiana Temongmere, SE juga menyerahkan bantuan kesehatan berupa 1.500 dus susu dan 500 botol vitamin. Diakhir kunjungan Pj. Gubernur juga menyempatkan diri menyaksikan presentasi tugas pada dua ruang kelas XII jurusan bahasa yang menampilkan paparan berbahasa inggris.

Berikut rincian daftar bantuan :

1. SMAN 01 Fakfak

– PC 13 unit

– Laptop 2 unit

– Server 1 unit

– LCD Projector 2 unit

– Notebook 1 unit

– Hardisk eksternal 1 unit

2. SMAN YPK Fakfak

– PC 23 unit

– Laptop 2 unit

– Server 2 unit

– LCD Projector 1 unit

– Notebook 1 unit

– Printer 1 unit

3. SMKN 02 Fakfak

– PC 14 unit

– Server 1 unit

– LCD Projector 1 unit

– Printer 1 unit

4. SMAS Yapis Fakfak

– PC 14 unit

– Server 1 unit

– LCD Projector 1 unit

– Printer 1 unit

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment