Pj. Gubernur Ali Baham Buka Tabligh Akbar dan Gebyar Pangan Murah Jelang Bulan Ramadhan di Fakfak

FAKFAK – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP didampingi Pj. Ketua TP PKK, Ny. Siti Mardiana Temongmere menghadiri, sekaligus membuka Tabligh akbar dan gebyar pangan murah dalam rangka stabilitasi pasokan dan harga serta pengendalian inflasi. Kegiatan yang dipusatkan pada taman satu tungku tiga batu tersebut juga merupakan rangkaian menyambut bulan suci ramadhan 1445 Hijriah, Jumat (8/3/2024).

Pj. Gubernur Ali Baham membuka kegiatan mengumandangkan Surat An-nisa’ ayat 1. Ditegaskan perlu disadari bersama pemerintah dan masyarakat selalu menjaga tali silaturahmi. Selain itu, gerakan pangan murah juga bertujuan menekan laju inflasi, menjaga kestabilan harga pangan dan meningkatkan daya beli masyarakat

Diuraikan, sesuai rilis BPS beberapa waktu lalu, posisi Papua Barat mengalami inflasi yang melalui tahapan penilaian satu kota Indeks Harga Konsumen (IHK) yakni Manokwari sehingga usulan kedepan adanya pembentukan kota IHK tambahan.

“Selaku Pj.Gubernur saya menyampaikan selamat memasuki bulan Suci Ramadhan, mari jaga ketentraman dengan baik. Untuk kendalikan inflasi itu kita lakukan dan

melalui pemerintah diberikan bantuan lewat dana tak terduga berupa sembako kepada dedominasi agama seluruh kabupaten. Hari  ini selain pasar murah juga serahkan sembako 1.500 paket,” Ujar Pj. Gubernur Ali Baham.

“Tentunya program Presiden laksanakan pasar murah dalam rangka memastikan ketahanan pangan lokal, daya beli masyarakat sehingga kebutuhan tetap terpenuhi dan masyarakat tetap tenang,” Sambungnya.

Wakil Bupati Kabupaten Fakfak, Yohana Dina Hindom atas nama pemerintah dan keluarga mengucap selamat datang dan memasuki bulan suci ramadhan bagi umat Muslim. Dirinya juga menyampaikan pesan moral bagi umat untuk dipedomani saling memaafkan sebagai rasa sukacita.

Disamping itu sekitar bersama menjaga stabilitas pasokan dan bahan pokok guna mengendalikan inflasi.

“Ibadah puasa jangan dijadikan sebagai alasan untuk mengurangi produktivitas kinerja tetapi dorongan sebagai amal baik kita dan menyatakan untuk mendapatkan pahala oleh Allah SWT. Atas nama keluarga dan pemerintah mohon maaf lahir batin selama jalani bulan puasa semoga kita tergolong dalam hambah Allah yang beruntung dalam ibadah ini,” Terangnya.

Ketua PHBI Kabupaten Fakfak, Mohjak Rengen menuturkan selama bulan suci ramadhan pihaknya menjadwalkan untuk gelar lomba adzan, hafalan Al-Qur’an, kelompok sahur dan takjil.

“Menyambut 1 Ramadhan tentunya bagaimana saya mengajak kita semua kaum muslimin dan muslimah bersama-sama sambut dengan penuh hikmah,” Tambahnya.

Kadis pertanian dan ketahanan pangan Papua Barat, Soleh,S.Hut menjabarkan khusus untuk komoditas telur yang dijual merupakan produk lokal Fakfak pada kampung Nembukteb. Selain itu untuk komoditas lain juga tercover subsidi pemerintah untuk melayani masyarakat dengan harga yang relatif lebih murah.

“Mohon ijin Pak Gubernur dan Wakil Bupati ini akan berlanjut terus, dilaksanakan secara rutin,” Singkatnya.

Dalam kesempatan itu Pj. Gubernur Papua Barat bersama sejumlah pimpinan OPD yang mendampingi turut memberikan door prize dengan hadiah utama satu unit sepeda motor serta beragam hadiah hiburan lainnya.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment