Bertemu Langsung Pj. Gubernur Ali Baham, Pengurus Koni Audiens Seputar Persiapan Atlet PON XXI Aceh-Sumut

MANOKWARI-Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, rabu sore kemarin, ditemui pengurus Koni Papua Barat. Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Pj. Gubernur pada lantai lima kantor Gubernur, pengurus Koni menyampaikan beberapa informasi penting seputar persiapan atlet menuju PON XXI tahun 2024 di Aceh-Sumut.

Kehadiran Koni itu disambut baik Pj. Gubernur, dengan sejumlah persiapan terutama dari sisi penganggaran guna menopang jalannya pelaksanaan latihan.

Mendengar masukan dan penjelasan Koni, pihaknya memberi arahan dan memerintahkan pihak dinas terkait agar mempercepat anggaran bantuan hibah daerah yang sudah dianggarkan bagi Koni.

“Prinsipnya kita mendukung, namun karena kita berhadapan dengan pesta demokrasi, sehingga kita bisa membantu dengan anggaran yang ada saja, saya harap anggar yang ada bisa dikelola dengan baik untuk mengoptimalkan kepentingan PON XXI nanti,”pintanya.

“Anggaran ini kan sudah masuk di dalam DPA ini, karena itu saya minta tolong dikoordinasikan dengan pihak dinas Pemuda dan Olahraga untuk segera diproses,”tambah Pj. Gubernur.

Selain itu, Pj. Gubernur juga mengarahkan pihak Koni Papua Barat untuk dapat berkoordinasi dengan pihak Kodam XVIII Kasuari guna menggunakan fasilitas olahraga kolam renang yang berstandart nasional berukuran 50×30 meter.

“Kemarin saya lihat di Kodam, kalau kolam renangnya sudah selesai bisa digunakan untuk latihan. Saya juga bilang pak Panglima, kalau kedepan atlet PON Papua Barat ini perenang yang mewakili putra-putri asli Arfak, itu baru berita. Tapi kalau cuma atlet asal FakFak atau Serui, biak, itu biasa saja,”sebutnya.

Ketua harian pengurus Koni Papua Barat, Joni Saiba, usai pertemuan kepada media ini mengatakan, tujuan mereka bertemu langsung dengan Pj. Gubernur adalah untuk membahas berbagai langkah dan persiapan atlet Papua Barat. Hal ini terutama pencairan anggaran hibah Pemprov  yang telah dianggarkan bagi Koni dalam persiapan PON XXI Aceh-Sumut.

Selain itu, mereka ( pengurus Koni ) juga memohon kesediaan orang nomor satu di Papua Barat ini untuk nantinya memimpin kontingen Papua Barat dalam PON  XXI september nanti.

“Kami dari Koni menyapaikan banyak terima kasih karena bisa bertemu dengan bapak Pj. Gubernur. Tujuan kami, Ada tiga hal yang kami sampaikan, pertama terkait dengan anggaran 50 miliar, ke dua juga proposal tambahan kami, dan yang ke tiga kami minta bapak Pj. Gubernur untuk memimpin kontingen menuju sumatera. Penyampaian kami ini sudah diterima dan mendapat bapak Pj. Gubernur,”ungkap Joni, Rabu ( 06/03/2024 ).

“Bapak Gubernur juga berharap dan telah memberi ahan kepada kami, agar anggaran yang ada untuk kami dapat pergunakan sebaik mungkin dalam menunjang kegiatan persiapan atlet menuju PON ke XXI,”tambahnya.

Penulis : Simon Patiran

Leave a Comment