Silaturahmi PT. Pertamina Patra Niaga dan Pj. Gubernur Ali Baham Bahas Kepentingan Pelayanan Masyarakat

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere,MTP menerima silaturahmi rombongan PT. Pertamina Patra Niaga. Banyak hal penting dibahas yang bertujuan melakukan pelayanan maksimal kepada masyarakat, Selasa (5/3/2024) sore diruang kerjanya.

Mengawali perbincangan, Pj. Gubernur Ali Baham mengucapkan salam rumah kaki seribu sebagai simbol pemersatu dari Papua Barat untuk Indonesia. Selanjutnya membahas informasi yang diserap melalui keluhan masyarakat khususnya perminyakan.

Pertama berkaitan dengan adanya informasi kekurangan stok BBM untuk melayani para nelayan. Pasalnya penyumbang inflasi di Papua Barat juga meliputi komoditas ikan cakalang sehingga langka terukur dan evaluasi harus dilakukan. Disisi lain secara terbuka, jika memungkinkan perusahaan daerah mengelola BBM dapat diatur sesuai mekanisme yang berlaku.

Tidak hanya itu, pemandangan antrian yang panjang juga perlu menjadi perhatian bersama menyelesaikan keresahan masyarakat.

“Kita punya SPBU kurang, harus tambah lagi bagaimana Pemda ambil alih satu. Ini peluang kalo bisa kenapa tidak, kemudian kita bisa bermitra dengan orang lain,” Ujarnya.

Dijabarkan wilayah Papua Barat terbagi atas tiga klaster yakni Manokwari, Fakfak dan Kaimana dengan tingkat aksebilitas jalur darat yang terhambat dan pelayanan masih mengutamakan jalur laut. Selain itu ditekankan agar pihak Pertamina memastikan ketersediaan stok BBM jelang bulan Puasa, Idul Fitri dan Paskah.

“Kita operasi pasar berhubungan dengan stok minyak menjelang puasa dan lebaran, kemudian kegiatan hari keagamaan, tentunya dipastikan stok tersedia, distribusi dan evaluasi inflasi daerah. Artinya akses darat susah menyebrang, kalau lewat laut harus putar jauh,” Urainya.

“Sekali lagi berterimakasih anda datang dan kami minta informasi itu,” Sambungnya.

Executive General Manager Regional Papua Maluku, Sunardi membenarkan kendala tersebut. Ia menjelaskan secara geografis titik Depot telah ditentukan dan kendala distribusi utama akses darat. Pihaknya juga secara terbuka memberikan ruang investasi.

Ia juga menegaskan untuk stok BBM jelang hari besar keagamaan tersedia. Selain itu meminta pemerintah daerah mendukung pelayanan dan bersama mensukseskan program nasional BBM satu harga sehingga diperlukan kolaborasi bersama.

“Tahun ini insyaallah cuaca sedikit berpihak dan mudah-mudahan distribusi menjelang puasa aman. Kami secara rutin agendakan operasi pasar jelang perayaan keagamaan dan lainnya sesuai kondisi daerah,” Jelasnya.

“BBM satu harga dan menjadi proyek nasional kepemimpinan Presiden Jokowi yang harus kita dukung khususnya daerah 3T. Mungkin kolaborasi dan perizinan, ijin kami menghadap Bapak bagaimana meratakan program BBM 1 harga,” Harap Sunardi.

Penulis : Givenly Frans

Leave a Comment