Kunker Perdana Di Pegaf, Pj. Gubernur Ali Baham Ajak Semua Pihak Bersatu Dalam Gerakan Pembangunan

PEGUNUNGAN ARFAK- Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, melakukan kunjungan kerja perdana di kabupaten Pegunungan Arfak ( Pegaf ), senin, ( 04/12/2023 ).

Kunjungan orang nomor satu di provinsi Papua Barat itu, disambut pemerintah dan warga Pegaf. Pengalungan noken menjadi tanda ucapan selamat datang kepada Pj. Gubernur Ali Baham, yang didampingi Kapolda Papua Barat dan Perwakilan Pangdam XVIII Kasuari berserta jajaran dan para pejabat di lingkup pemprov Papua Barat.

Pj. Gubernur kemudian berkesempatan memimpin apel senin pagi, gabungan TNI-Polri dan ASN di lingkup pemkab Pegaf.

Dalam arahannya, Pj. Gubernur Ali Baham, mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk bersama-sama bersatu padu dalam menjalankan program pembangunan.

“Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, oleh sebab itu pemerintahan akan berjalan dengan baik ada dua hal ini harus berjalan, yang pertama ketahanan keamanan. Masyarakat tidak boleh berada hidup di dalam ketakutan. Oleh karena itu, kepala daerah harus berada di tempat,”imbuh Pj. Gubernut Ali Baham.

“Yang ke dua fungsi ketentraman dan ketertiban dengan kepatuhan hukum yang ada. Kalau ini sudah terjadi barulah kita bicara tentang kesejahteraan.

Saya tidak bisa melalukan apa-apa kalau kemudian dua fungsi ini tidak berjalan dengan baik,”tambah Pj. Gubernur Ali Baham.

Untuk menciptakan pemerintahan yang aman dan berkelanjutan, Pj. Gubernur juga mengatakan, bahwa dalam waktu dekat pemilihan umum yang akan berlangsung di pastikan dapat berjalan aman dan lancar.

“Mari kita semua memastikan bahwa pemilu ini bisa berjalan aman dan lancar. Memastikan bahwa seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS untuk menyalurkan hak aspirasinya,”ujarnya.

Selian itu, Kapoda Papua Barat, Irjen Pol. Drs. Daniel Tahimonang Silitonga, SH, turut memberikan arahan, sembari menitipkan keamanan dan ketertiban di kabupaten Pegaf. Pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat setempat untuk menyiapkan mental, pikiran, perasaan dan kehendak untuk bekerja melayani masyarakat.

“Ada empat hal yang perlu saya sampaikan, yang pertama kita harus menyiapkan seluruh mental seluruh pikiran perasaan dan kehendak. Yang ke dua, sebagai aparat pemerintah baik TNI-Polri dan ASN layani masyarakat dengan baik, karena masyarakat adalah saudara kita. Yang ke tiga kerjasama dengan baik. Kita harus bersatu untuk mencapai kesuksesan. Yang ke empat jadilah pribadi yang terbaik, menjadi contoh dan tolak ukur yang baik dalam masyarakat, sebagai kita ini ditunjuk oleh negara untuk melayani masyarakat dan menyelesaikan masalah,”ajak Kapolda Silitonga.

Diakhir apel, Pj. Gubernur Ali Bahan juga berkesempatan menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat kabupaten Pegaf. Bantuan yang disalurkan berupa 4 paket alat antropomteri, 50 paket bantuan makanan tambahan bagi anak stunting ileh dinas P3A Papua Barat, 50 paket kaos stanting oleh Disdukcapil Papua Barat, 34 ekor bantuan hewan ternak babi kepada dua kelompok masyarakat dari dinas pertenakan dan Kesehatan hewan Papua Barat. Bantuan bahan bangunan rumah berupa semen dan seng kepada 35 kepala keluarga di kabupaten Pegaf oleh dinas Sosial Papua Barat, makan tambahan dati TP PKK Papua Barat, dinas Kesehatan Papua Barat juga menyaluarkan bantuan susu dan vitamin serta 200 paket bahan pokok oleh dinas PUPR Papua Barat.

Penulis : Simon Patiran.

Leave a Comment